Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Silvana Lamanda, Harumkan Nama Daerah di Ajang Olahraga Taekwondo

Oleh Admin Hargo , dalam Podcast , pada Sabtu, 18 Juni 2022 | 02:05 Tag: ,
  Silvana Lamanda saat diundang sebagai Narasumber dalam Femmy Udoki Podcast yang ditayangkan melalui kanal YouTube Femmy Kristina pada 27 Mei 2022. (Foto: istimewa/Tangkapan Layar)

Hargo.co.id, GORONTALO – Silvana Lamanda, atlet Taekwondo asal Provinsi Gorontalo, kembali sukses meraih medali perak di Sea Games 2021 yang diadakan di Vietnam. Remaja asal Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio ini juga meraih medali perak pada gelaran PON XX.

Putri Bungsu dari dua bersaudara ini mulai mengikuti Cabang Olahraga Taekwondo sejak dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sebelum berkiprah di tingkat Nasional, Remaja Berumur 19 tahun telah beberapa kali mengikuti Kejuaraan di Tingkat Kabupaten dan Provinsi.

“Saya masuk Taekwondo sejak kelas dua SMP, mulai bertanding sejak tahun 2019, waktu itu masih kelas satu SMA, dua tahun setelah bergabung di Taekwondo,” kata Silvana Lamanda saat diundang sebagai Narasumber dalam Femmy Udoki Podcast yang ditayangkan melalui kanal YouTube Femmy Kristina pada 27 Mei 2022 lalu. 

Menjadi atlet yang sering berkiprah di event Internasional. Dirinya selalu Giat berlatih. Usahanya tidak sia sia, Di Rumahnya berjejer piala dan medali atas prestasinya dalam mengikuti beberapa kejuaraan Taekwondo. 

“Pertandingan pertama lewat ajang Pra Popnas 2019 dan meraih medali emas, lalu Popnas juara 2 perak, lalu Kejurnas mendapatkan juara satu. Alhamdulillah, medali yang ada di rumah sekarang sudah banyak” ujar Silvana Lamanda. 

Sebagai seorang atlet, dirinya juga kadang masih merasa ‘demam panggung’. Riuh suara penonton sering membuatnya tidak fokus saat menghadapi lawan. 

“Gugup, karena sangat ribut, pendukung dari lawan yang merupakan tuan rumah, jadi tidak bisa focus,” ujar Silvana Lamanda.

Hal tersebut dibenarkan oleh Rahma Panani, pelatih dari Silvana Lamanda. Dirinya mengatakan, Silvana Lamanda mengaku dia kerap kali merasa gugup sebelum menghadapi lawan. Dirinya menyiasati hal itu dengan melakukan beberapa persiapan sebelum bertanding. 

Meski begitu, Silvana Lamanda tetap mendapatkan pujian dari beberapa Pelatih Timnas Taekwondo, di usianya tersebut, Silvana Lamanda telah menjadi atlet Indonesia di sea Games Vietnam. 

Saat ini, Silvana Lamanda sedang melakukan beberapa persiapan untuk mengikuti ajang perlombaan di Asian Games mendatang yang akan diadakan di Beijing. Silvana Lamanda mengaku akan mempersiapkan diri dengan rutin berlatih sebelum terbang ke Beijing. 

Di Jakarta, Silvana Lamanda melakukan pelatihan di gedung GOR POPKI, Cibubur. Disana, dirinya berlatih dua sampai tiga kali sehari. Meski sangat menguras tenaga, namun dirinya selalu semangat dan tetap mengatur waktu dengan baik, apalagi saat ini dirinya telah mendaftarkan diri di  Jurusan Olahraga UNJ. 

“Sekarang baru masuk di UNJ, suka aja karena di sana ada jurusan Olahraga,” kata Silvana Lamanda. 

Selain bergelut di Dunia Taekwondo, Silvana Lamanda juga bercita-cita ingin mengabdi untuk Negara dengan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. 

Dengan semangat dan kegigihannya tersebut, dirinya berharap cita citanya bisa terwujud. Silvana juga mengucapkan terimakasih atas segala dukungan yang diberikan kepadanya. 

Dirinya menyadari, kemenangannya selama ini tidak lepas dari dukungan orang tuanya yang selalu memberikan semangat dan mengingatkan agar jangan lupa berdoa. (***) 

 

Penulis : Elvi/ Mahasiswa Magang UNG

(Visited 68 times, 1 visits today)

Komentar