Selasa, 20 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Simak Cara DPRD dan Pemprov Gorontalo Bina Keharmonisan Hubungan

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 17 November 2020 | 04:30 WITA
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (dua kanan) saat menggelar silaturahmi dengan Pimpinan dan Anggota DPRD, Senin (16/11/2020)


Hargo.co.id, GORONTALO – Jalannya pemerintahan di Provinsi Gorontalo berlangsung dengan baik dan lancar. Ada hubungan yang harmonis antara pemerintah atau eksekutif dengan DPRD selaku legislatif. Salah satu bukti terbarunya, Pemprov Gorontalo menjadi provinsi pertama yang menyerahkan Perda APBD 2021 ke Kemendagri, Senin (16/11/2020).

Pembahasan Ranperda APBD 2021 itu sebelumnya sempat “mogok”. Beberapa fraksi menolak membahas dan mengesahkan usulan tersebut. Belakangan, kebekuan itu mencair dengan disahkannya Ranperda APBD 2021, pekan lalu.

Rahasia keharmonisan itu terletak pada komunikasi dan komitmen bersama antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan 45 anggota DPRD. Dua lembaga itu saling melepas ego masing-masing dan mengutamakan kepentingan rakyat.

BACA  Pemprov Gorontalo Dukung Peningkatan Balai Pemasyarakatan Kelas II Menjadi Kelas I

“Bahkan beberapa minggu lalu pak Mendagri mengirimkan WA ke saya yang salut dengan komunikasi yang terbangun bagus antara pemprov dan DPRD Gorontalo. Terutama saat saya mengirimkan Perda tentang Covid-19, karena belum semua daerah membuatnya,” jelas Gubernur Rusli saat menggelar silaturahmi dan makan malam bersama anggota DPRD di RM Meranti, Bone Bolango, Senin (16/11/2020).

BACA  Kemenpar RI Sebut Gorontalo Punya Banyak Potensi Wisata

Rusli menyadari, ada potensi distorsi informasi yang bisa terjadi antara pegawainya dengan anggota DPRD. Oleh karena itu, ia menyarankan acara silaturahmi seperti ini bisa diagendakan setiap bulan. Rusli menawarkan untuk melakukan pertemuan rutin menindaklanjuti hasil reses anggota DPRD.

“Acara silaturahmi seperti ini kita buat rutin dan berpindah-pindah. Di sini ada Dapil Gorut, ada Pohuwato dan lain-lain. Sehingga kebuntuan dan komunikasi yang tersumbat bisa cair. Saya mohon pak Sekda, kita undang OPD terkait untuk membahas hasil reses dan aspirasi yang diserap oleh anggota DPRD,” imbuhnya.

BACA  Agung Sugiarto: Pelatihan Jurnalistik Dan Fotografi Penting di Era Digital 4.0

Sejak memimpin tahun 2012 lalu, Gubernur Rusli dikenal sebagai pemimpin yang komunikatif dan selalu mengutamakan sinergitas antar semua pihak. Rusli dikenal dekat dengan jajaran kepala daerah kabupaten/kota, forkopimda dan instansi vertikal di daerah.

Gubernur Rusli dan jajaran pejabat pemprov menjadi orang yang konsisten mencantumkan nomor HP di media setiap hari agar bisa berkomunikasi dengan siapa saja. Setiap laporan dan keluhan masyarakat ia tanggapi sesuai dengan urgensi dan tupoksinya masing-masing.(zul/adv/hargo)


Komentar