Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Simak! Cek Kesehatanmu Lewat Kotoran Telinga

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Senin, 3 Oktober 2016 | 15:38 PM Tag: , ,
  

Hargo.co.id – SELAIN feses (kotoran manusia) dan urine, kotoran telinga bisa juga menandakan kondisi kesehatan Anda.

Cara ini tidak umum digunakan tapi nyatanya kotoran telinga bisa membantu Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh, khususnya telinga itu sendiri.

” Sejujurnya, kotoran telinga tidak mendapatkan banyak perhatian dalam praktek kami,” kata assistant professor and otolaryngologist (ear, nose, and throat), Dr. Brett Comerdoc, seperti dilansir laman Fox News.

Anda bisa menilai kesehatan telinga dari kotoran telinga Anda, dengan ciri-ciri berikut:

1. Berair dan berwarna kehijauan.

Jika Anda sudah berkeringat, debit berair dari telinga Anda mungkin adalah hasil dari keringat Anda yang bocor ke dalam telinga dan pencampuran dengan lilin. Tapi jika Anda belum berkeringat dan lilin berair berwarna kehijauan atau kuning gelap, bisa berarti ini adalah infeksi telinga.

2. Lengket atau kering

Penelitian dalam jurnal Nature Genetics menemukan kebanyakan orang Asia memiliki kotoran telinga kering, sementara orang-orang keturunan Afrika atau Eropa memiliki kotoran telinga lengket atau basah.

3. Memiliki bau yang kuat.

Anda mungkin memiliki infeksi atau kerusakan di bagian tengah telinga Anda. Hal ini bisa menyebabkan sejumlah gejala yang dokter sebut sebagai otitis media kronis.

Salah satu gejala tersebut adalah bau busuk drainase dari telinga Anda.

4. Pertumbuhan kulit yang tidak normal

Infeksi di dalam gendang telinga Anda bisa menyebabkan pembentukan pertumbuhan kulit yang tidak normal yang disebut kolesteatoma. Ini semacam struktur kista. Tekanan dan rasa sakit di telinga Anda juga merupakan gejala kolesteatoma.

5. Bersisik.

Anda tidak sakit. Anda hanya semakin tua.(fny/jpnn/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar