Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Simak! Ini Cara Mencuci Masker Kain

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Jumat, 9 Oktober 2020 | 12:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi pembuatan masker kain. Foto: Antara//Aprionis/aa.


Hargo.co.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan masyarakat agar memakai masker kain saat beraktivitas di luar ruangan.

Seperti yang dilansir JPNN.com, Pemakaian masker sangat diperlukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Pemakaian masker medis hanya disarankan untuk petugas kesehatan yang harus bertugas di garda depan.

Menjaga kebersihan masker kain merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Jika tidak dicuci dengan baik dan benar, masker kain bisa menjadi sarang kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Nah, mau tahu seperti apa cara mencuci masker kain yang tepat?

BACA  Ini 3 Manfaat Minum Air Kelapa Secara Rutin

Segera cuci masker kain yang sudah digunakan. Jangan menyimpan masker kain yang sudah digunakan untuk penggunaan selanjutnya tanpa dicuci terlebih dahulu.

Kelembapan udara yang terhirup saat menggunakan masker kain akan membuat kain menjadi lembab. Kondisi ini dapat menjadi tempat yang baik untuk bertumbuhnya bakteri.

BACA  Ini Dia 6 Sumber Protein yang Mudah Didapatkan

Selain itu, jangan cuci masker kain bersamaan dengan pakaian dalam atau pakaian bekas olahraga yang penuh keringat.

Akan jauh lebih baik bila masker kain dicuci dengan tangan menggunakan air panas dan deterjen. Bila tak memungkinkan untuk langsung mencuci masker, simpan masker di tempat yang terpisah dari pakaian lainnya.

Keringkan masker kain yang sudah dicuci di bawah paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet dapat membunuh lebih dari 99 persen kuman pada permukaan kain.

BACA  Tips Bahagia dan Sehat di Masa Pandemi dari Psikolog Yasinta

Simpan masker kain di dalam lemari atau laci yang bersih, dan hindari menyimpan masker kain di tempat yang sama dengan pakaian lain bila memungkinkan.(ngopibareng/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Baca: Ini Cara Mencuci Masker Kain“. Pada edisi Jumat, 09 Oktober 2020.

Komentar