Senin, 25 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Skenario Play-off untuk Manchester City, Liverpool, dan Arsenal

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Sportivo , pada Rabu, 17 Mei 2017 | 08:48 WITA Tag: , , , ,
  


Hargo.co.id – Persaingan memperebutkan tiket Liga Champions dipastikan sengit hingga pekan terakhir Premier League. Bahkan, bukan mustahil untuk menentukannya harus dilakukan duel play-off.

Hingga kini, baru dua tim yang sudah memastikan tiket ke fase grup Liga Champions, yakni Chelsea selaku juara dan Tottenham Hotspur yang sudah pasti finis di posisi kedua.

Sementara itu, tersisa masing-masing satu tiket untuk fase grup dan babak play-off yang kini diperebutkan tiga tim, yakni Manchester City, Liverpool, dan Arsenal.

Manchester City dan Liverpool berpotensi harus menjalani pertandingan play-off memperebutkan posisi ketiga.

Manchester City dan Liverpool berpotensi harus menjalani pertandingan play-off memperebutkan posisi ketiga. (AFP)

Manchester City di atas angin setelah menang 3-1 atas West Bromwich Albion, Rabu (17/5) dini hari WIB. Pada saat bersamaan, Arsenal menjaga asa usai menang 2-0 atas Sunderland di Stadion Emirates.

BACA  Bawaslu Kabgor Akui Rakernis Sudah Terapkan Protokol Kesehatan

Dengan hasil itu, Manchester City bertengger di posisi ketiga dengan 75 poin, Liverpool di urutan keempat dengan 73 poin, disusul Arsenal yang mengoleksi 72 poin dan berada di peringkat kelima atau di luar zona Liga Champions.

Dengan sisa satu laga, masih ada peluang Arsenal menyamai perolehan poin Manchester City . Dengan kata lain, ketiga tim masih punya peluang dan akan menentukan nasib mereka masing-masing pada laga pamungkas yang digelar serempak pada Minggu (21/5).

Jika ketiganya sama-sama menang, berarti posisi saat ini tak berubah dan Manchester City berhak ke fase grup Liga Champions, sedangkan Liverpool ke babak play-off. Menariknya, selain penentuan melalui jumlah poin, selisih gol, atau jumlah memasukkan, ada lagi opsi digelarnya pertandingan play-off.

BACA  Pilkada Kabgor Makan Tumbal, Ketua KPU Dicopot dari Jabatan

Berdasarkan regulasi Premier League, duel play-off bisa digelar jika ada dua tim memiliki jumlah poin, selisih gol, dan gol memasukkan yang sama persis. Kemungkinan ke arah sana memang tipis, tapi bukan mustahil terjadi di antara ketiga tim.

“Jika pada akhir musim, baik juara liga, degradasi, atau kualifikasi untuk kompetisi lain, tidak bisa ditentukan karena ada dua atau lebih klub dengan kesamaan poin, selisih gol, dan gol memasukkan, klub yang bersangkutan harus memainkan satu atau lebih pertandingan play-off di tempat netral. Format, tempat, dan waktu, akan ditentukan oleh dewan,” bunyi peraturan Premier League.

Untuk menggelar pertandingan play-off, ada beberapa skenario yang memungkinkan, antara lain:

1) Manchester City dan Liverpool menjalani pertandingan play-off memperebutkan posisi ketiga, jika: Manchester City seri 3-3 di kandang Watford, dan Liverpool menang 3-0 lawan Middlesbrough. Kedua tim akan memiliki poin 76, gol memasukkan 78, dan gol kemasukan 42.

BACA  Polisi Amankan 52 Remaja Saat Rayakan Pergantian Tahun di Bukit Peapata

2) Liverpool dan Arsenal menjalani pertandingan play-off memperebutkan posisi keempat, jika: Liverpool kalah 0-2 dari Middlesbrough dan Arsenal imbang 1-1 dengan Everton. Kedua tim akan memiliki poin 73, gol memasukkan 75, dan gol kemasukan 44.

3) Manchester City dan Arsenal menjalani pertandingan play-off memperebutkan posisi ketiga/keempat, jika: Manchester City kalah 0-4 di kandang Watford dan Arsenal menang 1-0 atas Everton. Kedua tim akan memiliki poin 75, gol memasukkan 75, gol kemasukan 43.

Jadi, mau tidak mau ketiga tim harus bersiap menghadapi kemungkinan duel tambahan pada pengujung musim. (ira/JPG)


Komentar