Rabu, 25 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Slot Penukaran Uang Pecahan 75 Ribu di 39 Kantor BI Sudah Habis

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Rabu, 19 Agustus 2020 | 19:05 WITA Tag:
  ILUSTRASI uang Rupiah pecahan 75.000 (istimewa)


Hargo.co.id, JAKARTA – Antusiasme masyarakat untuk memiliki uang baru yang terbit tepat pada Peringatan Ke-75 Kemerdekaan RI sangat tinggi. Dari total 46 kantor Bank Indonesia (BI) yang tersebar di seluruh penjuru negeri, sebanyak 39 kantor sudah kehabisan slot.

Seperti yang dilansir JawaPos.com, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menyambut gembira antusiasme masyarakat. “Peminatnya sangat luar biasa,” katanya dalam jumpa pers virtual Selasa (18/8).

BACA  Jumlah WNI Terpapar Covid-19 Meningkat, Ini Kata Bamsoet

Apalagi, uang pecahan Rp 75 ribu edisi spesial tersebut dicetak hanya 75 juta lembar. Saat ini hanya tersisa tujuh kantor perwakilan BI dalam negeri yang masih melayani penukaran.

Yakni, kantor perwakilan BI Sibolga, Papua, Papua Barat, Lhokseumawe, Ternate, Gorontalo, dan Mamuju. “Masyarakat bisa langsung ke kantor-kantor tersebut untuk menukarkan,” ungkapnya.

Rosmaya menegaskan, uang tersebut merupakan alat pembayaran yang sah sehingga bisa digunakan untuk bertransaksi. Namun, dia memahami tidak sedikit masyarakat yang ingin mengoleksi maupun menjualnya kembali.

BACA  Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Baru sehari diluncurkan, telah bermunculan lapak di dunia maya yang menjual uang Rp 75 ribu dengan harga fantastis. Berdasar pemantauan Jawa Pos, ada lapak beralamat di Kabupaten Aceh Barat yang menjual uang edisi kemerdekaan itu seharga Rp 1,375 juta.

“Yang sudah dapat uangnya untuk disimpan atau ada yang menawarkan untuk dibeli ya mangga aja. Itu masing-masing, kami tidak mengatur seperti itu,” ucapnya.

BACA  Protes Penghinaan Nabi Muhammad, Foto Presiden Prancis Dijadikan Keset

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mewanti-wanti agar masyarakat tidak tertipu dengan uang rupiah yang palsu. (jawapos/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com dengan judul: “Slot Penukaran Uang Pecahan 75.000 di 39 Kantor BI Sudah Habis“. Pada edisi Rabu, 19 Agustus 2020.

Komentar