Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Soal Calon Pendamping Rustam Akili, Ini Kata Roman Nasaru

Oleh Veronika Y. Ruung , dalam Headline Kabar Politik , pada Selasa, 23 Juni 2020 | 11:05 WITA Tag: , , ,
  Roman Nasaru. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Jika tak aral melintang, Pilkada di Kabupaten Gorontalo digelar Desember 2020. Itu artinya, waktu yang tersisa kini untuk sosialisasi pasangan yang akan ikut suksesi tersebut, tinggal 6 bulan.

Hanya saja, belum ada satupun figur yang sudah menentukan siapa yang akan digandeng untuk posisi papan dua. Sementara, dari Parpol pengusung, PPP sudah menetapkan Nelson Pomalingo untuk posisi papan satu. Demikian halnya Partai Nasdem, menempatkan Rustam Akili untuk calon bupati.

Namun, yang paling ditunggu-tunggu saat ini yakni siapa yang akan menjadi pendamping Rustam Akili. Sebanyak enam nama yang muncul, baik dari kalangan internal Partai Nasdem, juga dari kader partai lainnya.

BACA  Wujudkan Kota Telaga, Ini Trik dari ‘Sang Deklarator’

Kader Partai Nasdem, Roman Nasaru juga mengakui jika untuk posisi calon wakil bupati, sudah ada enam nama. Hanya saja, belum ada keputusan final dan masih akan dibahas bersama Parpol koalisi.

“Sesegera mungkin kami bahas dengan Parpol koalisi,” kata Roman Nasaru.

Perlu dijelaskan bahwa perolehan kursi Partai Nasdem hasil Pemilu legislatif 2019 yakni 5 kursi dari 35 kursi yang tersedia di DPRD Kabupaten Gorontalo. Jika mengacu aturan atau syarat mengusung pasangan di Pilkada, Parpol atau gabungan Parpol minimal memiliki 20 persen dari jumlah kursi di parlemen.

BACA  Lihat Betapa Dahsyatnya Ledakan di Lebanon, 1 WNI jadi Korban

Artinya, Partai Nasdem di Pilkada Kabupaten Gorontalo perlu berkoalisi agar dapat pengusung pasangan pada Pilkada 2020. Pasalnya, 5 kursi yang dimiliki belum mencukupi 20 persen atau butuh minimal 2 kursi lagi dari Parpol koalisi.

“Terkait dengan itu, ada beberapa partai yang telah menjalani komunikasi dengan Partai Nasdem guna berkoalisi pada Pilkada mendatang. Belum saatnya membeberkan nama Parpol tersebut,” kata Roman Nasaru saat ditemui media di kantor DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (22/06/2020).

BACA  Gugus Tugas: Pasien Inisial DBA Terkonfirmasi Positif Covid-19

Lalu bagaimana dengan PKS? Maklum, beberapa bulan lalu, muncul wacana jika Partai Nasdem akan berkoalisi dengan PKS di Pilkada 2020 di Gorontalo.

“Berdasarkan pernyataan pak Rustam Akili, komunikasi dengan PKS sudah dilakukan. Bahkan Partai Nasdem sudah meminta nama siapa kader PKS yang siap mendampingi pak Rustam Akili. Jawabanya juga sudah ada dan itu juga belum bisa diungkap,” tutup Roman Nasaru. (vyr/hg)


Komentar