Senin, 3 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Soal Pengisian Jabatan, Ini Saran DPRD Gorontalo Utara 

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Sabtu, 1 Mei 2021 | 12:05 WITA Tag: ,
  Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Daerah (Pemda) harus dapat memperhatikan pemenuhan aparatur yang ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pasalnya, ini dapat mempengaruhi kinerja dan juga capaian program yang telah ditetapkan untuk dilaksanakan selama tahun anggaran.

Pernyataan ini disampaikan Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail, mengingat pemenuhan aparatur dalam struktur organisasi dalam satu instansi wajib untuk diperhatikan. 

“Tanpa bermaksud untuk mengintervensi, namun dari sisi pengawasan sebagaimana yang melekat secara kelembagaan, maka perlu disampaikan bahwa pemenuhan terhadap aparatur dalam struktur instansi harus terpenuhi,” katanya.

Djafar Ismail menambahkan, struktur organisasi dinas yang terbentuk tersebut bukan asal dibuat begitu saja. Namun berdasarkan berbagai alasan dan juga pertimbangan yang telah dikaji sebelumnya. 

“Sehingga setiap struktur yang ada dalam organisasi atau OPD tersebut memiliki tugas dan fungsi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan dari OPD itu sendiri,” kata Djafar Ismail.

Tentunya dalam mengisi struktur organisasi untuk menjalankan OPD, harus juga disesuaikan dengan pangkat dan golongan dari setiap aparatur yang ada di lingkungan pemerintah daerah. 

“Ini yang menjadi penting untuk dilihat, karena dalam penempatan aparatur dalam setiap struktur itu tidak hanya ditempatkan begitu saja, harus melalui mekanisme berdasarkan berbagai pertimbangan dan terutama dapat melaksanakan tugas dan kerjanya,” tegas Djafar Ismail.

Saat ini, pemerintah daerah, kata Djafar Ismail, harus segera melakukan pengisian atau pun penyegaran terhadap struktur organisasi yang ada, yang tentunya ada banyak alasannya. 

“Yang pertama tentu banyaknya struktur jabatan yang lowong dan belum terisi, dan tidak hanya sebulan atau dua bulan namun ada yang lebih dari itu,” terangnya.

Kemudian dari sisi jenjang karir tentu setiap aparatur membutuhkan promosi, sehingga ini harus segera dilaksanakan. 

“Dan tentu juga ini untuk penyegaran para aparatur agar tidak monoton dan berlama lama dalam satu jabatan,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Terkait Kebijakan, DPRD Ingatkan Soal Realisasi Program

Komentar