Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Soal Wacana Presiden 3 Periode, Tjahjo Kumolo Bilang Begini

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara Kabar Politik , pada Senin, 15 Maret 2021 | 15:05 WITA Tag: , ,
  Politikus senior PDIP, yang juga sebagai Men PAN RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, JAKARTA – Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tjahjo Kumolo meminta semua pihak menghentikan wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi kepala negara selama tiga periode. Tjahjo menyakini, Jokowi pasti akan menolak wacana tersebut.

Sebab, kata Tjahjo, ini adalah wacana yang menjebak Jokowi. “Gerakan atau pola menjebak ini sebaiknya ditinggalkan dalam manuver politik. Saya yakin Bapak Jokowi tidak akan terjebak dengan manuver murahan tersebut,” ujar Tjahjo kepada wartawan sebagaimana dilansir JawaPos.com, Senin (15/3).

BACA  MUI Geram! Program TV Menayangkan Goyangan Erotis Dewi Perssik

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) ini menambahakan, saat ini pemerintah sedang berkonsentrasi dalam menangani Covid-19 untuk pemulihan ekonomi negara. Tjahjo pun meminta tokoh-tokoh yang menggulirkan isu ini untuk tutup mulut.

“Tokoh-tokoh politik sebaiknya konsolidasi internal partainya masing-masing. Kan tahun depan sudah memasuki tahapan Pemilu. Jadi janganlah jumpalitan politik sendiri menuduh ke mana-mana,” katanya.

Tjahjo mengatakan, adanya wacana Presiden Indonesia menjabat tiga periode tersebut justru malah membuat gaduh suasana. “Sudah tidak pada tempatnya tembakan-tembakan politik tanpa arah yang justru mengacaukan stabilitas politik,” tegasnya.

BACA  Vaksinasi dan Tes Swab Bisa Membatalkan Puasa?

Sebelumnya, Ketua Partai Ummat Amien Rais menaruh kecurigaan terhadap upaya yang dilakukan sejumlah pihak untuk menerbitkan pasal dalam aturan hukum agar presiden Jokowi bisa kembali memimpin dalam tiga periode.

“Akankah kita biarkan, plotting rezim sekarang ini, akan memaksa masuknya pasal supaya bisa dipilih ketiga kalinya,” kata Amien.

Amien sendiri menangkap sinyal politik terkait skenario yang tengah dilakukan sejumlah pihak untuk melakukan manuver agar Jokowi bisa terpilih sebagai presiden tiga periode. Salah satunya melalui manuver politik yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengamankan semua lembaga negara, mulai dari DPR, MPR, DPD, maupun lembaga negara lain guna mencapai tujuan tersebut.(ba/gw/jawapos/hargo)

BACA  Ini Dia Pernyataan Dirjen Imigrasi Soal WN Tiongkok Masuk Indonesia Melalui Bandara Soetta

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Wacana Presiden 3 Periode, PDIP: Jangan Menjebak Jokowi!“. Pada edisi Senin, 15 Maret 2021.

Komentar