Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sudah Ditetapkan, Begini Besaran Zakat Wilayah Kabupaten Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Jumat, 15 April 2022 | 00:05 Tag: , ,
  Gedung Baznas Kabupaten Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo menetapkan kewajiban pembayaran zakat fitrah Ramadhan 1435 Hijriyah sebesar Rp 30.000 perjiwa bagi seluruh umat islam yang diwajibkan membayar zakat di daerah itu.

Besaran jumlah zakat tersebut disepakati dalam pertemuan yang digelar Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Organisasi Masyarakat Islam serta Lembaga Dan pemangku adat setempat.

“Untuk pembayaran hingga penyalurannya, secara teknis pengelolaan zakat fitrah tahun ini diberikan tanggung jawabnya kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) desa atau kelurahan di masjid-masjid,” Kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Rabu (13/4/2022).

Dirinya mengimbau kepada organisasi Islam yang mengumpulkan zakat fitrah dan zakat mal agar dapat mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku serta melaporkannya ke Baznas Kabupaten Gorontalo.

“Zakat Fitrah langsung disalurkan kepada fakir miskin dan yang berhak menerima yang terdata dan memiliki kartu miskin dan lainnya,” Katanya menerangkan.

Terkait pengelolaan, lanjut Nelson Pomalingo, UPZ desa atau kelurahan akan membuat laporan 15 hari setelah selesai pelaksanaan hari Raya Idul Fitri. Sedangkan, laporan rekapitulasi pengumpulan Zakat di tingkat kecamatan paling lambat satu bulan setelah Idul Fitri. 

Dirinya juga mengimbau kepada UPZ maupun seluruh masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam proses pembayaran Zakat tersebut.

“Demi Untuk tertib dan lancarnya pengumpulan zakat, kami meminta takmir masjid, masyarakat dan lembaga UPZ di kecamatan atau desa maupun kelurahan untuk memperhatikan protokol kesehatan Covid 19,” tandasnya. (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar