Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sukma Nusa Bangsa, Sekolah Pendidikan Karakter Pertama di Gorontalo

Oleh Admin Hargo , dalam Edukasi , pada Kamis, 8 September 2022 | 08:05 Tag: , ,
  Sekolah Sukma Nusa Bangsa yang terletak di Jalan Arief Rahman Hakim, Kota Gorontalo. (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bukan hanya pendidikan secara akademis seperti berhitung, membaca dan menulis bagi anak-anak kita. Namun, pendidikan karakter juga sangat penting untuk diberikan kepada anak-anak sejak dini.

Pendidikan karakter meliputi pendidikan kepercayaan (spiritual), rasa tanggung jawab, sikap adil, peduli, emosional dan kewarganegaraan itu merupakan kunci untuk membentuk generasi yang cerdas. Di Provinsi Gorontalo sendiri, sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter adalah sekolah Sukma Nusa Bangsa (SNB).

Founder sekolah SNB, Sukma Nurilawati Botutihe mengungkapkan bahwa sekolah tersebut berbeda dengan sekolah lainnya. Dimana keunggulan dari Sukma Nusa Bangsa adalah lebih mengutamakan pendidikan karakter. 

Pendiri sekolah SNB, Sukma Nurilawati Botutihe bersama Walikota Gorontalo, Marten Taha saat acara Soft Opening SD Sukma Nusa Bangsa pada Selasa, (06/09/2022) (Foto: Istimewa)
Pendiri sekolah SNB, Sukma Nurilawati Botutihe bersama Walikota Gorontalo, Marten Taha saat acara Soft Opening SD Sukma Nusa Bangsa pada Selasa, (06/09/2022) (Foto: Istimewa)

“Kita fokus ke pendidikan karakter, karena orang pintar kalau tidak punya karakter sama saja bohong dan karakter yang unggul itu adalah karakter anak bangsa,” kata Sukma Nurilawati pada saat Soft Opening Sekolah Dasar Sukma Nusa Bangsa pada Selasa, (06/09/2022)

Selain lebih mengutamakan pendidikan karakter, sekolah Sukma Nusa Bangsa juga akan menerapkan pembelajaran yang membahagiakan. Karena menurutnya dengan menciptakan pembelajaran yang bahagia, siswa akan lebih mudah memahami semua mata pelajaran.

Sekolah Sukma Nusa Bangsa terdiri dari TK (Taman Kanak-kanak) yang berlokasi di Jalan Pangeran Hidayat 1, Kel. Dulalowo Timur, Kec. Kota Tengah sementara untuk SD (Sekolah Dasar) berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim, Kel. Dulalowo Timur, Kec. Kota Tengah.

Walikota Gorontalo, Marten Taha turut memberikan apresiasi adanya sekolah tersebut di Gorontalo

“Dalam mencerdaskan anak-anak itu tidak hanya melalui kecerdasan intelektual. Tapi, harus dibarengi dengan kecerdasan spiritual, emosional dan sosial. Nah hal tersebut diterapkan oleh sekolah SNB ini terutama dalam membina karakter, akhlak, kepribadian dan sikap murid,” ungkapnya. (***)

 

Penulis : Rita Setiawati

(Visited 296 times, 1 visits today)

Komentar