Kamis, 13 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Susu Segar Tidak Boleh Masuk? Qatar Impor Ribuan Sapi

Oleh Aslan , dalam Kabar Dunia , pada Jumat, 14 Juli 2017 | 08:00 WITA Tag:
  


hargo.co.id – Embargo yang diterapkan negara-negara tetangganya tak membuat Qatar kelabakan. Ketika warganya tak bisa mendapatkan susu segar, Qatar berpaling ke Jerman untuk memenuhi kebutuhan itu. Bukan dengan cara impor susu, tapi langsung mendatangkan ribuan sapi dari negara yang dipimpin Kanselir Angela Merkel tersebut.

Dalam tahap pertama, maskapai Qatar Airways menerbangkan 165 sapi perah jenis holstein dari Berlin ke Doha. Sapi-sapi itu tiba pada Selasa (11/7). ’’Begitu semua sapi-sapi tersebut diterbangkan, maka 30 persen kebutuhan susu di Qatar bakal terpenuhi,’’ ujar Chairman Power International Moutaz Al Khayyat saat diwawancarai Bloomberg bulan lalu.

BACA  Rakyat Malaysia Turut Berkabung Atas Musibah KRI Nanggala-402

Namun, sejak lima pekan lalu, Qatar diblokade dari darat, laut, dan udara oleh Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, dan beberapa negara lainnya. Seluruh kerja sama dihentikan dan semua perbatasan ditutup. Untuk memenuhi kebutuhan 2,7 juta penduduknya, Qatar menjalin kerja sama dengan negara-negara lainnya.

Salah satu yang mengulurkan tangan sejak awal adalah Turki. Sejak awal blokade, Ankara mengirimkan 179 pesawat kargo, 16 truk, dan satu kapal berisi bahan kebutuhan sehari-hari ke Qatar. Iran juga mengekspor kebutuhan pokok ke Qatar.

BACA  Tanpa Sadar, Anggota Parlemen Kanada Telanjang Saat Sidang Daring

Di lain pihak, ratusan unta dikabarkan tewas kelaparan dan kehausan di salah satu peternakan di Saudi. Pemilik peternakan yang berisi 15 ribu unta dan 10 ribu domba itu adalah penduduk Qatar. Saat konflik berlangsung, dia disuruh meninggalkan Saudi dalam hitungan jam. Imbasnya, dia tak sempat mengurusi ternaknya. (Reuters/BBC/Independent/sha/c22/any/hg)


Komentar