Rabu, 12 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Syarat Masuk SD di Gorontalo Utara, Harus Lulus TK

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 17 April 2021 | 08:08 WITA Tag:
  Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan A. Usman


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Dasar (SD) di Gorontalo Utara (Gorut), harus dinyatakan lulus Taman Kanak-kanak (TK). Meskipun ini tak ada dalam persyaratan umum, namun itu diberlakukan dengan berbagai pertimbangan.

Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan A. Usman ketika dihubungi media ini. Dijelaskan oleh Irwan A. Usman, ada beberapa pertimbangan lain kenapa itu diberlakukan. 

“Pertimbangan lainnya yakni terkait dengan emosional, intelegensi dan juga kematangan spiritual. Ini yang menjadi perhatian, sehingga untuk Gorontalo Utara ada persyaratan yang demikian,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Irwan A. Usman, bahwa ada juga anak yang dari sisi intelegensia itu sudah dapat membaca atau lainnya sebagaimana perkembangan anak seusia mereka. 

Lalu bagaimana dengan legal formalnya, atau surat yang membuktikan bahwa mereka telah melalui tahapan TK atau PAUD? Irwan A. Usman menjelaskan, secara otodidak anak-anak ada yang memang sudah mampu. Namun kembali lagi kepada prosesnya karena nanti ada bedanya antara yang jadi secara otodidak dan yang melalui proses. 

“Ini bukan proses membedakan, namun pertimbangan seperti yang telah disampaikan itu yang menjadi rujukan,” jelasnya.

Di sisi lain, untuk tahun pelajaran 2021-2022 itu, nanti akan dimulai pada Juli mendatang, dan untuk rekrutmen siswa baru itu berdasarkan sistem zonasi. 

“Selama ini sistem zonasi telah berlangsung selama 2 tahun dan untuk 2021 memasuki tahun ketiga dan tidak ada persoalan yang terjadi,” tegasnya.

Hanya saja dalam sistem zonasi tersebut ada beberapa pertimbangan juga yang diambil mulai dari radius atau jarak, kemudian perpindahan penduduk dan yang paling terakhir yakni prestasi. (abk/adv/hargo)

BACA  Pembayaran Honor GTT Tergantung Aktivitas dan Kehadiran 

Komentar