Senin, 30 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Syarat Penerima Bantuan Sepeda Motor Wajib Miliki Depula to Pango

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Selasa, 27 Oktober 2020 | 14:05 WITA Tag:
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melihat depula to pango atau dapur di pekarangan yang diwajibkan bagi penerima bantuan sepeda motor berkotak pendingin, Senin (26/10). (Foto: Istimewa/HUMAS)


Hargo.co.id, GORONTALO – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dalam beberapa tahun terakhir, rutin membagikan sepeda motor lengkap dengan kotak pendingin. Bantuan ini untuk memudahkan distribusi ikan segar ke masyarakat.

Penerima bantuan adalah mereka penjual ikan keliling, yang selama ini hanya menggunakan sepeda. Oleh gubernur, sepeda itu diganti sepeda motor. Namun, ada tambahan syarat bagi penerima bantuan sepeda motor lengkap dengan kotak pendingin itu. Yakni wajib mempunyai depula to pango atau dapur hidup di pekarangan.

BACA  Tegas…! Ini Instruksi untuk FPG Provinsi Gorontalo

Hal itu diinstruksikan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie saat meninjau rumah kelompok penerima bantuan motor berkotak pendingin di Desa Tenggela, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo, Senin (26/10/2020).

“Kegiatan ini kami beri nama Depula To Pango atau Dapur di Pekarangan. Jadi maksudnya adalah masyarakat diminta memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami berbagai jenis tanaman kebutuhan dapur. Kita wajibkan semua penerima bantuan memanfaatkan pekarangannya,” ucap Rusli Habibie di sela-sela kunjungannya.

Pekarangan yang ditinjau gubernur dua periode itu, ditanami beragam jenis tanaman kebutuhan dapur. Mulai dari rica, bawang, tomat, kunyit, jahe, terong dan lain sebagainya.

BACA  Sekolah Kembali Dibuka, Siswa MTs. Al Mujahidin Senang

“Depula To Pango ini bertujuan untuk mengurangi biaya masyarakat untuk kebutuhan dapur. Jadi untuk belanja kebutuhan dapur sudah tertekan dan sudah nol. Dia butuh rica ada, bawang ada, tomat dan sebagainya, apalagi rumah-rumah di Gorontalo ini cukup luas,” tambahnya.

Di tempat yang sama, salah satu penerima bantuan motor berkotak pendingin yang telah memanfaatkan pekarangannya, Ahmad Hamzah menilai, langkah yang diambil Pemprov Gorontalo merupakan solusi ditengah pandemi Covid-19.

BACA  Ini Empat Gejala Ringan yang Dialami Awal Positif Covid-19

“Zaman serba susah seperti ini, apalagi ada Covid-19, semua serba sulit, mahal. Jadi ini langkah yang tepat menurut saya. Tak butuh pengeluaran yang besar, malah di kasih gratis bibit tanamannya. Kita hanya perlu merawat untuk memenuhi kebutuhan dapur kita sendiri,” tandasnya.

Untuk tahun 2020 penerima motor berkotak pendingin di Kabupaten Gorontalo berjumlah 18 orang. Ahmad Hamzah sendiri sudah menerima motor berkotak pendingin sejak 2018. (rilis/adv/hg)


Komentar