SYL Menteri, Rusli Yakin Bantuan Pertanian Berlimpah 

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) dalam suatu kesempatan. Gubernur Rusli Habibie yakin SYL bisa membawa pertanian lebih meningkat. (Foto Istimewa/Dok Pemprov)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sejak awal menjabat sebagai Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie menjadikan sektor pertanian sebagai program unggulan pemerintah daerah, apalagi Gorontalo memang memiliki potensi besar dibidang pertanian. Tak heran, produksi pertanian melimpah dalam kurun  tujuh tahun terakhir, ekspor komoditi pertanian dari Gorontalo juga bergairah.

Sinergi yang dibangun Gubernur Rusli Habibie bersama pemerintah pusat, membuat daerah ini mendapat perhatian khusus.  Kucuran bantuan pertanian mengalir, produksi meningkat, bahkan Gorontalo dijadikan percontohan pengelolaan petanian.

Kondisi ini akan lebih baik lagi, sebab Kementerian Pertanian kini dipimpin Syahrul Yasin Limpo (SYL), mantan Gubernur Sulawesi Selatan.  Gubernur Rusli Habibie sangat yakin, SYL jabat Menteri Pertanian, sektor pertanian di Provinsi Gorontalo akan berkembang lebih pesat dan bantuan pertanian untuk daerah ini akan semakin bertambah.

Optimisme Rusli bukan tanpa alasan, sosok SYL ia kenal betul, apalagi keduanya pernah bernaung dalam satu partai politik : Golkar.  SYL kata Rusli, memulai karir dari bawah, sebagai lurah, camat, bupati, dan gubernur dua periode, kini dipercaya Persiden Joko Widodo sebagai menteri.  Itu artinya beliau tau karakteristik pembangunan di daerah. Ketika kita di daerah menyampaikan program pertanian pasti akan beliau dukung,” kata Rusli, Ahad (27/10).

Rusli mengaku punya hubungan baik dengan SYL. Selain dulu pernah sama-sama di partai Golkar, SYL pernah menjabat Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), termasuk SYL dan Rusli juga masuk dalam Badan Koordinasi Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS).

Selain faktor pengalaman dan relasi, Rusli melihat sentimen kedaerahan sesama sulawesi dan umumnya Indonesia Timur menjadi faktor positif masa depan pertanian. Provinsi Gorontalo sangat mengandalkan sektor ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Seperti diketahui, sebagian besar profesi masyarakat Gorontalo adalah petani. Makanya Rusli memberi perhatian besar terhadap pertanian. Hasilnya, produksi jagung pada era pemerintahan Rusli Habibie (sejak 2012) tak sekadar slogan, tapi realita, produksi jagung meningkat drastis. Bahkan pada tahun 2017 dan 2018, produksi jagung menembus angka 1,5 juta ton, 133 ribu ton diantaranya menembus pasar ekspor. Era sebelumnya, jagung Gorontalo yang namanya menasional itu, tak pernah tembus pada angka satu juta ton.

“Saat pak Amran Sulaiman (jabat) Menteri Pertanian, kita mendapat banyak sekali bantuan, maka saya yakin di era pak SYL akan semakin banyak (lagi),”tandas Rusli. Dengan begitu, produksi pertanian, termasuk jagung juga akan terus meningkat. (adv/hg)

-