Senin, 19 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tagihan Belanja Setahun Ibu Negara Zimbabwe, Rp 35,6 Miliar!

Oleh Aslan , dalam Kabar Dunia , pada Sabtu, 18 November 2017 | 01:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id – Julukannya Gucci Grace. Nama aslinya, Grace Marufu. Pada 17 Agustus 1996, Grace menikahi orang nomor satu di Zimbabwe, Robert Mugabe. Sejak saat itu lah, Grace pun punya label baru di depan namanya, Gucci.

Wanita berusia 52 tahun dengan label, First Lady of Shopping, itu memang suka yang bling-bling. Kecintaannya terhadap berlian sudah jadi rahasia umum. Dengan mudah dia akan menghabiskan jutaan dolar untuk membeli cincin berlian segede gajah yang gemerlap.

Robert Mugabe

DULU: Robert Mugabe saat menikah dengan Grace pada 17 Agustus 1996. (Daily Mail)

Padahal, dia tinggal di negara yang tujuh dari 10 penduduknya hidup dalam kemiskinan. Tetapi, Gucci Grace tak peduli. Dia pernah habiskan Rp 2,1 miliar untuk sekali belanja di Paris, Prancis.

Tak hanya dia, ketiga anaknya pun ketularan. Mereka suka barang-barang mewah. Via akun Snapchat-nya, anak bungsu pasangan Mugabe, Chatunga, pernah memposting sebuah video yang menunjukkan dia minum Armand de Brignac Champagne seharga Rp 3,6 miliar per botolnya.

BACA  Orang-Orang Ini Diminta Meninggalkan Malaysia Sebelum 21 April

Video itu juga menunjukkan jam tangan mewahnya yang berbanderol Rp 800 juta. Keterangan videonya tidak banyak. ”Ini terjadi ketika ayah kamu menguasai seluruh negeri.”

Grace, mantan penjual ayam, mulai dekat dengan Mugabe saat menjadi salah seorang juru ketiknya. Saat itu, istri pertama Mugabe, Sally, sedang sakit parah.

BACA  Gempa M 7,2 Mengguncang Jepang, Menyebabkan Tsunami

Pernikahan keduanya pada tahun 1996 dijuluki Wedding of the Century di Zimbabwe. Resepsi yang boros. Menghambur-hamburkan uang pun terus dilakukan sepanjang pernikahan itu.

Pada tahun 2014, pengeluarannya untuk barang mewah mencapai Rp 35,6 miliar per tahun. Daftar belanja tahun itu termasuk 12 cincin berlian, 62 pasang sepatu Ferragamo, 33 pasang sepatu dari Gucci, dan jam tangan Rolex.

”Saya memiliki kaki yang sangat sempit, jadi saya hanya bisa memakai Ferragamo,” jawabnya ketika ditanyakan mengapa dia memilih sepatu mewah bermerek itu. (*)

(tia/Daily Mail/JPC/hg)


Komentar