Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tahanan Pingsan, Penularan Virus Korona Kini Menyebar Lewat Penjara

Oleh Mufakris Goma , dalam Kabar Dunia , pada Rabu, 12 Februari 2020 Tag: ,
  Penampakan dari depan penjara di Inggris yang melaporkan seorang tahanan pingsan dan diduga tertular virus Korona (Mirror)

Hargo.co.id – Tak hanya di tempat-tempat publik atau pusat kesehatan, penularan virus Korona jenis baru juga menyebar lewat penjara. Sebuah penjara di Inggris melaporkan ada salah satu tahanannya di dalam penjara yang tertular virus Korona jenis baru itu. Salah satu dari dua tahanan di Inggris diduga tertular Coronavirus dan jatuh pingsan di selnya setelah kembali dari penjara di Thailand, seperti dilansir dari Mirror, Rabu (12/2).

Dia jatuh sakit di HMP Bullingdon di Bicester, Oxfordshire, rumah tahanan Kategori B dan C yang menampung lebih dari 1.100 narapidana. Seluruh sudut semakin diperketat dan terkunci. Dan seluruh tahanan juga dikarantina.

BACA  Tiga WNI Positif Terinfeksi Virus Korona

“Itu berarti bahwa tahanan akan tetap berada di sel mereka selama 14 hari dan akan diberi makan dengan makanan di piring yang didorong melalui pintu mereka,” kata seorang sumber.

Ternyata seorang tahanan yang pingsan memang baru dipindahkan dari penjara di Thailand. Sebanyak 33 kasus Coronavirus sebelumnya telah didiagnosis di Thailand. Thailand adalah negara pertama di luar Tiongkok yang menyatakan konfirmasi kasus tersebut pada bulan lalu.

BACA  Tiga WNI Positif Terinfeksi Virus Korona

“Kini tahanan yang sakit itu dirawat di rumah sakit spesialis yang berada tak jauh dari penjara. Dua tahanan lainnya menunjukkan gejala seperti flu dan diisolasi di rumah sakit,” kata seorang sumber kepada MailOnline.

Seorang petugas medis di penjara HMP Bullingdon yang membantu merawat para tahanan telah diisolasi juga sebagai tindakan pencegahan. Pejabat Public Health England (PHE) berjas hazmat (baju astronot) mulai terlihat di penjara untuk melakukan penanganan.

BACA  Tiga WNI Positif Terinfeksi Virus Korona

Namun, pihak PHE menegaskan kepastian penularan kasus itu masih dalam konfirmasi. Menyusul penyebaran virus itu di Inggris, semua tempat publik ikut waspada. Termasuk sekolah, universitas, dan institusi lain.

University of Bath, Inggris, misalnya, membenarkan seorang mahasiswa juga sedang dalam masa karantina. Dia menunggu hasil tes terkait virus Korona. “Seorang anggota komunitas universitas sedang diuji untuk Coronavirus sebagai tindakan pencegahan,” ujar keterangan tertulis dari pihak kampus.

*Berita ini juga terbit di jawapos.com edisi rabu 12 februari 2020