Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tahukah Anda, 11 Rahasia Pesawat Terbang Ini?

Oleh Berita Hargo , dalam Headline News Ragam , pada Minggu, 3 September 2017 | 12:05 WITA Tag: ,
  Pegangan di Pintu-pintu Darurat (foto : © Kryzhov/depositphotos.com)


JIKA Anda adalah orang yang sangat sering bepergian menggunakan pesawat terbang, akan sulit mengejutkan anda, sebab mungkin anda sudah tahu banyak, tapi bisa jadi ada beberapa yang tak terlintas di pikiran Anda.

Artikel ini memuat beberapa rahasia yang ‘hanya’ diketahui oleh petugas penerbangan dan sedikit penumpang.[quads id=2]

Kait di sayap

© anizza/depositphotos.com

Hampir di semua pesawat terbang, untuk menggunakan luncuran keluar darurat, penumpang diharuskan melangkah di atas sayap yang mulus dan licin.

Untuk membuatnya lebih mudah, dirancang kait khusus: tali pengaman dituntun melewatinya, dengan satu ujung menempel di pintu dan ujung lainnya terhubung ke sayap di dasar luncuran. Dengan memegang tali, penumpang dapat mengungsi dengan aman.

Terdapat sebuah kapak di kokpit

© SimpleFoto/depositphotos.com   © oncealoft.com

Menurut undang-undang di beberapa negara (seperti Amerika Serikat), kapak adalah peralatan darurat dan harus disimpan di kokpit. Kapak dapat membantu menahan/memutus jalur api (biasanya kebakaran berawal dari api pada sistem pengkabelan), membuka pintu yang macet, atau bahkan membuat pintu darurat baru – terdapat beberapa tanda pada badan pesawat yang menunjukkan tempat keluar darurat terbaik.

BACA  20 Tahun Penjara Menanti Tersangka Bom Ikan di Torosiaje

Sebuah lubang di jendela

© MyGoodImages/depositphotos.com

Jendela di pesawat terbang memiliki 3 lembar kaca: yang terluar berfungsi menjaga tekanan, bagian terdalam berhubungan dengan kerusakan dari dalam, dan bagian tengahnya – di mana lubang itu dibuat – mengatur aliran udara. Aperture (nama lubang itu) membantu menyeimbangkan perbedaan tekanan dan mencegah kelembaban dari pengembunan diantara panel kaca.

Unit daya pembantu

© Wikipedia Commons

Saat menaiki pesawat terbang, kita selalu mendengar suara bising meski mesinnya belum menyala. Hal ini disebabkan oleh APU (Auxiliary Power Unit) atau Unit Daya Pembantu yang memberikan daya pada sistem saat mesinnya dalam keadaan tidak menyala. Unit ini juga yang menyalakan mesin. Unit daya semacam ini juga sangat membantu di terminal dengan perlengkapan yang sangat minim di mana tidak memungkinkannya tersedia perawatan yang layak bagi pesawat terbang.

Layanan Marsekal Udara (Air Marshal)

© Universal Pictures

Para Air Marshal biasanya terbang menyamar, bertugas menenangkan pembuat onar bahkan melumpuhkan teroris di dalam pesawat terbang. Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Perancis, Kanada memiliki layanan ini, dan bahkan dibuatkan film-nya yang menggambarkan bagaimana mereka bekerja. Keren kan?[quads id=1]

BACA  Pencabulan Marak, Warga Singgung Penerapan Hukum Kebiri

Kompartemen tempat istirahat para kru

© Aaron Harris/Reuters

Beberapa pesawat terbang memiliki kamar berukuran kecil dan tersembunyi yang digunakan para awak kabin, di mana mereka dapat bersantai selama penerbangan panjang. CRC (Crew Rest Compartments) – sebutan resmi untuk kamar ini – tidak terlalu nyaman: Anda hanya bisa merangkak di sana, tapi dapat digunakan untuk berbaring sebentar untuk istirahat.

Pegangan di pintu-pintu darurat

© Kryzhov/depositphotos.com

Pegangan ini dibuat terutama digunakan oleh pramugari/pramugara sebagai penahan jika terjadi keadaan panik sehingga mereka tidak terdorong oleh penumpang yang bergegas ke pintu keluar.

Sistem pendingin udara

© EAST NEWS   © nalinrat/depositphotos.com

Pernahkan Anda bertanya-tanya, dari mana udara yang kita hirup (dalam pesawat terbang) berasal?

Udara benar-benar berasal dari kompresor di tiap mesin turbin. Hal ini yang mungkin memunculkan mitos bahwa udara pesawat itu kotor. Namun, jangan khawatir: udara tersebut disaring dan didinginkan terlebih dahulu, sistem penyaringannya diklaim dapat menahan 95% bakteri.

Cooper Vane

© Wikipedia Commons

Perangkat ini diletakkan di pesawat, setelah sebuah kejadian kriminal yang hingga kini tak terpecahkan, dilakukan oleh Dan Cooper beserta anak buahnya: dia membajak pesawat berpenumpang, menerima uang tebusan, dan berhasil lolos dengan parasut. Sejak saat itu, seluruh pesawat Boeing dan Airbus dilengkapi dengan alat ini: berfungsi menahan pintu pesawat agar tidak dapat dibuka selama penerbangan.

Segitiga Hitam

© leungchopan/depositphotos.com

Anda mungkin pernah melihat segitiga hitam kecil dalam pesawat terbang. Seperti yang dikatakan kapten pesawat Airbus A320, mereka menandai tempat-tempat terbaik di mana sayap bisa dilihat. Hal ini merupakan bagian dari prosedur pemeriksaan – yang mungkin diperlukan – seorang pilot jika ia memiliki keraguan mengenai ketidaksesuaian posisi flaps dengan indikator yang ada di panel kokpit. Untungnya, kasus ini sangat jarang terjadi.

Membuka pintu lavatory (toilet)

© hipmunk

Jika anak Anda mengunci diri di kamar kecil pesawat terbang, untuk membuka kunci pintu dari luar, angkat tanda “LAVATORY” dan geser kenop ke posisi yang tidak terkunci. (rahbad/hg)[td_smart_list_end]


Komentar