Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tahun ini Imunisasi Suntikan Polio Akan Diterapkan, DINKES Gencar Lakukan Sosialisasi

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 23 Januari 2017 | 10:49 WITA Tag: ,
  


LIMBOTO, Hargo.co.id – Pemberian Imunisasi Dasar bagi balita berupa Imunisasi polio dengan cara disuntik, mulai tahun 2017 ini akan segera diterapkan dikalangan masyarakat. Untuk Kabupaten Gorontalo sendiri, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan gencar malakukan sosialisasi terkait pemberian Imunisisi polio jenis suntik ini.

Kepala Puskesmas Limboto, Ismail Akase menjelaskan, pemberian Imunisasi Polio jenis suntik ini sebagai pengganti dari imunisasi tetes yang selama ini digunakan untuk balita. Sementara jika dilihat dari segi kwalitas, imunisasi jenis suntik ini dianggap lebih efektif dibanding imunisasi tetes. Dan untuk merealisasikan program ini, melalui pelayanan posyandu pihaknya terus melakukan sosialisasi serta dilanjutkan dengan pelayanan pemberian imunisasi kepada balita.

BACA  Sembilan Kali Berturut-turut, Pemprov Gorontalo Raih WTP

” Saat ini kami terus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait efektifitas dari penggunan suntikan untuk pemberian Imunisasi kepada balita, dan dari 36 posyandu yang tersebar di Kabupaten Gorontalo, semuanya sudah menjalankan program ini.” Ujar Ismail

Menyangkut pemberian Imunisasi Polio jenis suntikan ini, Ismail menuturkan, awalnya banyak hambatan yang dihadapi oleh tim petugas terutama menyangkut pemahaman orangtua balita. Dimana masih banyak orang tua yang takut jika anaknya harus disuntik, namun berkat sosialisasi dan pendekatan yang dilakukan oleh petugas, maka kesadaran para orang tua mulai terlihat.

BACA  Badan Diklat Gelar Pelatihan PBJ Untuk Tingkatkan SDM Pengadaan

Sementara itu, Ismali menambahkan pemberian vaksin kepada balita disesuaikan berdasarkan tahapan usia dari balita itu sendiri, dimana bayi pada usia 0-7 hari mendapatkan vaksin hepatitis B, kemudiaan pada usia 1-3 bulan bayi mendapatkan vaksin BCG dan vaksin Polio 1, kemudian dilanjutkan dengan pemberian vaksin DPTHB HIT dan Folio 2 pada usian 2-4 bulan. dan pada tahapan ketiga yaitu bayi pada usia empat bulan DPTHB HIT dengan cara disuntik dibagian paha kiri.

BACA  Rusli Habibie Dorong Bulog Gorontalo Terus Serap Beras Lokal

Oleh karena itu, pada bulan Februari nanti akan dilakukan lounching secara serentak terkait pemberian Imunisasi jenis suntik ini. Denagn demikian diharapkan program ini dapat berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari masyarakat. (rvg/hargo)


Komentar