Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Ada Izin Trayek, Dishub Tahan Satu Bus AKAP

Oleh Fajriansyach , dalam Metropolis , pada Sabtu, 3 Juni 2017 | 11:28 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Menjelang puncak arus mudik di Gorontalo, tim gabungan Dinas Perhubungan, Dir Lantas Polda Gorontalo dan PT Jasa Raharja melakukan inspeksi mendadak (sidak) di terminal 1942 Kota Gorontalo. Dalam sidak itu, keberangkatan satu bus penumpang pun dibatalkan karena tidak memenuhi prosedur keselamatan.

Pantauan Gorontalo Post, sidak yang dilakukan sekitar pukul 04.30 Wita pagi, kemarin, Jumat (2/6), seluruh bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) diperiksa seluruh kelayakan jalan baik fisik aspek teknis seperti ban, rem mobil, lampu dan kaca spion.

BACA  Sosok Mayat Ditemukan di Lapangan Taruna

Sementara adminisrasinya berupa SIM, STNK, Surat Jasa Raharja dan izin trayek serta pemeriksaan aspek penunjang seperti peralatan yang dibawa oleh mobil saat beroperasi.

BACA  Disuplai dari Ternate, Pemasok Merkuri ke Gorontalo Diciduk

Dalam Sidak kali itu tim gabungan menemukan satu bus penumpang tujuan Gorontalo-Bitung yang tidak memiliki kelengkapan administrasi, yakni izin trayek yang merupakan syarat bus beroperasi atau tidak.

“Ada salah satu bus tujuan Gorontalo-Bitung tidak tidak bisa menunjukan izin trayeknya terpaksan seluruh penumpang kami turunkan dan dipindahkan ke bus yang lain dan bus yang tidak bisa menunjukkan izin kami tahan dan tidak bisa dioperasikan,” ujar Kadis Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Ngandro.

BACA  Akibat Arus Pendek, Satu Unit Rumah di Pohuwato Jadi Arang

Ditambahkannya, operasi kelayakan kendaraan darat ini dalam rangka mengantisipasi keselamatan penumpang saat lonjakan pada arus mudik hingga lebaran nanti. “Jadinya, kami melakukan sidak untuk memeriksa kelayakan bus tersebut apalagi bus yang jarak jauh,” tandasnya.(tr-53/hg)


Komentar