Kamis, 2 April 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Ada Jaringan, Warga Mis Informasi

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Senin, 10 April 2017 Tag: , , , ,
  


Dulamayo – Hargo.co.id BETAPA tidak, kemajuan informasi dan teknologi (IT) seperti saat ini tidak bisa dirasakan masyarakat Dulamayo. Jangankan jaringan internet, jaringan seluler pun tidak terjangkau di Dulamayo.

Desa ini sebagai kebalikan dari Desa Lamahu, Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) yang sudah bermetamorfosa menjadi desa digital dengan layanan pemerintahan berstandar IT.”Di Dulamayo ini, kami tak bisa berkomunikasi dengan orang jauh.

Percuma beli HP. Kalo mo hubungi atau sms orang di kampung, musti nae ka ujung gunung. Itu pun mati-mati (sering tidak ada),” keluh Mastin.Kondisi tak adanya jaringan seluler dan internet di wilayah Dulamayo, tidak saja membuat masyarakat ketinggalan informasi.

Tapi juga ikut membuat layanan pemerintahan setempat tidak semaksimal desa-desa lainnya. SDM aparat desa juga semakin tertinggal karena tidak bisa mengikuti mengikuti perkembangan informasi saat ini.

Kepala Desa Dulamayo Selatan Usman Zauridi mengatakan, semua informasi yang ada di ibu kota kabupaten, baik itu informasi pemerintahan, maupun perkembangan daerah tidak bisa cepat kita ketahui karena tak ada jaringan seluler di wilayah Dulamayo.

Begitu juga sebaliknya, pemerintah kesulitan untuk menyampaikan informasi dengan cepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana di daerah ini. Usman mengharapkan agar hal ini mendapat perhatian serius dari pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Pemerataan pembangunan harus dilakukan, termasuk dalam penyediaan jaringaan seluler di wilayah Dulamayo. Sementara itu, pihak pemerintah Kabupaten Gorontalo yang dikonfirmasi Gorontalo Post terkait hal ini baru menyampaikan janji. Pemasangan tower jaringan seluler aan diadakan tahun ini juga.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Gorontalo Aziz Nurhamidin. “Insya Allah akan kita upayakan tahun ini juga. Tapi pendanaanya digunakann lewat dana desa,” katanya.

Menurut Azis, sejatinya hal ini sudah lama diinginkan pemerintah Kabupaten Gorontalo. Namun masih terkendala oleh beberapa hal. “Namun tahun ini mudah-mudahan akan segera teralisasi,” ujarnya.

Mantan Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Gorontalo itu berharap pula agar rencana pembangunan tower jaringan di Dulamayo ini mendapat dukungan dari seluruh masyarakat, termasuk pemerintah desa. Sehingga layanan IT yang dirasakan masyarakat di wilayah sekitar kota bisa ikut dirasakan di wilayah Dulamayo. (***/hg)