Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Ada Jejak Covid-19 Muncul dari Pasar di Wuhan

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Dunia , pada Senin, 18 Mei 2020 | 15:05 WITA Tag: , ,
  Ilustrasi pasar basah di Wuhan yang menjual pelbagai hewan untuk dikonsumsi (Mirror)


Hargo.co.id, WUHAN – Selama ini virus Korona dianggap muncul pertama kali di Wuhan, Tiongkok, dan berasal dari pasar basah yang menjual pelbagai macam hewan untuk dikonsumsi. Hanya saja, klaim bahwa Coronavirus berasal dari pasar hewan liar telah ditentang oleh sebuah studi terbaru. Tiongkok selalu bersikeras bahwa wabah itu bermula di pasar basah di Wuhan, tempat hewan hidup dan mati dijual.

Analisis data dari seorang ilmuwan menunjukkan bahwa virus tersebut telah dibawa ke pasar oleh seseorang yang telah mengidap penyakit tersebut, menurut laporan Mail, Minggu (17/5). Hal itu ditegaskan oleh seorang ahli biologi molekuler Alina Chan dan seorang ahli biologi evolusi Shing Zhan.

BACA  Bill Gates: Dunia Mundur Akibat Covid-19, Termasuk Cakupan Vaksin

“Data genetik yang tersedia untuk umum tidak menunjukkan penularan silang spesies virus di pasar,” ujar mereka seperti yang dilansir Jawapos.com, Senin (18/5).

Otoritas kesehatan di Beijing percaya virus itu berasal dari binatang di pasar Huanan, Wuhan. Pasar ditutup oleh pejabat setempat sehari setelah dilaporkan pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Diyakini sampel dari hewan diambil tetapi hasilnya belum dibagikan.

BACA  Sulit Bernapas saat Menggunakan Masker? Ini Triknya

“Tempat kejadian benar-benar hilang. Bagaimana kita bisa menyelesaikan kasus tanpa bukti?,” kata seorang ahli dari Universitas Hongkong, Guan Yi.

Awal bulan ini WHO mengatakan fokus penelitian adalah pada penularan dari hewan. Gonjang-ganjing virus ini berasal dari Wuhan pertama kali juga diungkapkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dia menyebut virus itu adalah virus Wuhan. Trump sebelumnya mengklaim dia telah melihat bukti bahwa Covid-19 berasal dari laboratorium.(ep/mhv/jawapos/hg)

BACA  Tiongkok dan India Kembali Tegang, Seorang Tentara Tewas di Perbatasan

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh Jawapos.com dengan judul “Fakta Baru, Tak Ada Jejak Virus Korona Muncul dari Pasar Basah Wuhan”. Pada edisi Senin, 18 Mei 2020.

Komentar