Minggu, 28 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Ada Juknis, Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Belum Dilakukan

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 13 November 2021 | 00:05 AM Tag: ,
  Kabid P2PL, Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Youke Lumataw

Hargo.co.id, GORONTALO – Vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun, hingga saat ini belum dapat dilakukan di Gorontalo Utara (Gorut). Alasannya, masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Ini disampaikan Kepala Bidang P2, Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Youke Lumatauw saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (11/11/20201). 

“Memang benar untuk vaksinasi terhadap anak usia 6-11 sudah boleh. Hanya saja itu belum dapat dilakukan saat ini,” ungkap Youke Lumatauw.

Lebih lanjut dikatakan Youke Lumatauw, pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun tersebut belum dapat dilakukan dikarenakan belum ada Juknis dari pihak Kementerian Kesehatan terkait dengan pelaksanaannya. 

“Kita siap saja melaksanakan hal tersebut sepanjang telah ada Juknis yang dikeluarkan oleh pihak Kemenkes RI. Untuk saat ini, Juknis tersebut belum ada,” tegasnya.

Terkait dengan kesiapan vaksinnya, kata Youke Lumatauw, itu memang ada, karena untuk saat ini jenis vaksin yang akan digunakan untuk remaja dan anak-anak yakni Vaksin Pfizer dan untuk orang dewasa menggunakan Moderna. 

Lanjut katanya, terhadap pelaksanaan vaksinasi di Gorontalo Utara, perlu dukungan semua pihak untuk bersama-sama mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk datang ke fasilitas kesehatan dan melakukan vaksinasi. 

“Tidak hanya kita saja para petugas medis, namun dukungan seluruh elemen sangat diharapkan, pemerintah daerah, Forkopimda, pemerintah desa, TNI, Polri, pemerintah desa, kecamatan untuk bersama-sama mengajak masyarakat. Sehingga masyarakat yang ada dapat divaksin,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar