Tuesday, 3 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Ada Laporan Pengelolaan, MoU Pemda – PT. GAB Akan Dibatalkan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Tuesday, 2 March 2021 | 15:30 PM Tags: ,
  Rapat terkait dengan rencana pembatalan MoU pengelolaan Pulau Saronde yang dipimpin langsung Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Senin (01/03/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) saat ini tengah melakukan kajian untuk melakukan pembatalan atas Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Daerah (Pemda) Gorut dengan PT. Gorontalo Alam Bahari (GAB) atas pengelolaan Pulau Saronde.

Senin (01/03/2021), Thariq Modanggu bersama dengan beberapa instansi teknis terkait telah melakukan rapat untuk selanjutnya disampaikan kepada Bupati Gorut, Indra Yasin dalam rangka keputusan selaku Kepala Daerah. 

“Rapat yang kita lakukan hari ini merupakan proses menuju keputusan kepala daerah sebagai pihak pertama dalam penandatanganan MoU dengan pihak PT. GAB,” ungkapnya.

Rekomendasi yang tengah dikaji saat ini yakni pembatalan bukan pemutusan kerjasama MoU kata Wabup. Kenapa demikian, dijelaskan bahwa dalam MoU tersebut tidak ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama (PKS). 

“Olehnya dalam rangka memberikan rekomendasi tersebut, ada hal-hal yang disiapkan sebagai dokumen pelengkap,” tegas Thariq Modanggu.

Alasan lainnya yang disampaikan oleh Wabup terkait dengan rekomendasi pembatalan MoU tersebut tidak terlepas dari sikap Pemda yang telah memberikan peringatan kepada PT. GAB terkait dengan dokumen pengelolaan Pulau Saronde yang harus diserahkan kepada Pemda Gorut secara utuh. 

“Akan tetapi hal tersebut tidak dilakukan, seperti laporan keuangan secara total dan utuh sebagai dampak dari pengelolaan Pulau Saronde dalam hal pendapatan dan itu merupakan bagian dari tanggung jawab dalam MoU dan itu tidak dilakukan,” kata Thariq Modanggu.

Olehnya, Thariq Modanggu menegaskan bahwa kajian ini akan dilakukan dan segala bentuk dokumen pendukung juga akan disiapkan. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar