Tak Kantongi Izin, Tambang Galian C di Atinggola Ditertibkan

Penertiban aktivitas Galian C yang dilakukan Pemda Gorut terhadap usaha yang tak kantongi izin. (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Gara-gara tak mengantongi izin, sejumlah tambang Galian C di Atinggola, Gorontalo Utara (Gorut) ditertibkan. Selain itu, tambang yang beroperasi di Sungai Andagile ini, juga sudah meresahkan warga sekitar.

Informasi yang berhasil dihimpun, penertiban yang berlangsung pasa Selasa (08/10/2019) ini, dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Damkar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Pemerintah Kecamatan. Ini menindaklanjuti laporan masyarakat, yang merasa resah akan aktivitas penambangan pasir dengan menggunakan mesin disel tersebut.

Upaya pendekatan secara kekeluargaan yang dilakukan salah seorang petugas saat dilakukan penertiban Galian C di Atinggola. (Foto Istimewa)

Menurut La Ode Mohamad Fajar, salah seorang petugas dari Satpol PP, penambang pasir di lokasi ini rata-rata tidak mengantongi izin. Penertiban ini didasari atas pelanggaran Perda Tata Ruang Nomor 5 /2012 Gorontalo Utara.

“Kami menemukan aktivitas tambang galian C yang menggunakan mesin disel, di sejumlah titik. Seperti di Desa Pinontoyonga, Desa Kotajin, dan Desa Kotajin Utara,” kata La Ode Mohamad Fajar.

Solusi yang diberikan yakni, pemerintah member kesempatan selama dua hari bagi seluruh penambang di lokasi yang ditemukan, untuk segera mengurus izin. Jika dalam waktu yang ditentukan masih ditemukan aktivitas penambangan tanpa mengantongi izin, maka pihak terkait akan melakukan penyitaan alat yang digunakan untuk menambang pasir. (zul/hg)

-