Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Lama Lagi Darem Sandang Gelar Sarjana Hukum

Oleh Sunarto Nusi , dalam Advertorial Kab. Boalemo , pada Senin, 9 Desember 2019 | 17:36 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Boalemo H. Darwis Moridu tak lama lagi akan menyandang gelar sarjana hukum (SH) di Universitas Ichsan (Unisan) Gorontalo. Ini terlihat setelah menjalani ujian skripsi sedianya pada Ahad (08/12/2018 di kampus Unisan Kota Gorontalo.

Sepanjang proses ujian pemaparan karya ilmiah tersebut, pria yang akrab disapa Darem ini, mengambil penelitian menyangkut Peran Aparat Penegak Hukum dan Aparat Pengawas Internal Pemerintah dalam Penanganan Laporan atau Pengaduan Masyarakat yang Berindikasi Tindak Pidana Korupsi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

BACA  BPJS Ketenagakerjaan Semarakkan Perayaan Harpelnas 2020

Bagi Bupati Darem, menuntut ilmu merupakan hal yang terpenting. Meski ditengah kesibukan melayani kepentingan rakyat Boalemo tidaklah menghambat tugas dan tanggungjawabnya. Demikian pula, memperkaya ilmu baginya, tidak diukur dari faktor usia.

Terbukti, menginjak usia 61 tahun, bagi Orang Nomor Satu di Bumi Boalemo itu terus memburu gelar sarjana dibidang hukum. Tak kalah penting, niatan Bupati Darwis Moridu menempuh studi S1 terbilang mulia. Itu karena, ilmu tengah diperdalam kelak akan dipersembahkan sebagai pengabdian diri bagi daerah dan masyarakat luas.

BACA  Wagub Ajak Warga Bumingkan Alquran di Gorontalo

Merujuk judul karya ilmiah dipaparkan Bupati Darwis Moridu menunjukkan bentuk komitmen dan keterpanggilan memerangi tindak pidana korupsi dalam urusan pemerintahan. Komitmen ini ditunjukkan Bupati lewat peringatan tegas kepada seluruh jajaran dan aparaturnya untuk bersikap tegas dan tak ada ampunan bagi pelaku tindak korupsi di Bumi Boalemo.

Dari hasil pendalaman ilmu hukum oleh Bupati Darwis, setidaknya menjadi warning para aparaturnya untuk lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan. Sebab, Bupati akan lebih mudah mendeteksi potensi penyalahgunaan kewenangan maupun tindak korupsi.

BACA  6.002 Warga Kabupaten Gorontalo Segera Terima KIS

Sementara itu, proses ujian penelitian karya ilmiah tersebut, Bupati Darwis sebagai mahasiswa semester akhir tidak diperlakukan khusus oleh civitas akademik Unisan. Ia menjalani layaknya mahasiswa lain. Termasuk salah seorang anaknya, Wahyudin Moridu bersama salah seseorang aparaturnya, Fatlina Podungge S.Pd, M.Si kini menjabat Asisten I Setda Boalemo. (adv/nrt/hg)


Komentar