Jumat, 23 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Penuhi Syarat Materil, Bawaslu Tolak Gugatan Paket RUMAH

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Kabar Politik , pada Rabu, 7 Oktober 2020 | 16:35 WITA Tag: , ,
  Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Bone Bolango, Alti Mohamad.(Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bone Bolango mentahkan atau menolak gugatan kuasa hukum paket RUMAH (Ruslianto Monoarfa dan Umar Ibrahim). Penolakan ini karena gugatan yang dilayangkan pekan lalu itu, tidak memenuhi syarat materil.

“Dari hasil pleno kami, gugatannya tidak dapat diregistrasi. Karena tidak memenuhi sayarat materil,” beber Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Bone Bolango, Alti Mohamad, saat dihubungi Hargo.co.id, Rabu (7/10/2020) lewat aplikasi pesan WhatsApp.

BACA  Jalan Sehat, Hamim - Merlan Sapa Warga Bulango Selatan

Dijelaskannya, obyek sengketa yang digugat paket RUMAH berupa Keputusan KPU Bone Bolango Nomor:169/PL.02.03-Kpt/7503/Kab/IX/2020 tentang penetapan Pasangan calon, tidak menjelasakan kerugian langsung pemohon.

“Dalam memutuskan ini, kami berdasar peraturan bawaslu no 2 tahun 2020 tentang penyelesaian sengketa pasal 4 ayat (1) dan dijelaskan secara rinci dalam keputusan Bawaslu Republik Indonesia No 0419/K.Bawaslu/PM.07.00/VII/2020 Tentang petunjuk teknis penyelesaian sengketa Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta walikota dan wakil walikota,” imbuh Alti.

BACA  Kampanye Gunakan Bahasa Gorontalo, Bukti Merlan Kelahiran Bone Bolango

Sementara itu, Kuasa Hukum paket Rumah Spandi Pakaya ketika dikonfirmasi mengaku belum menerima secara resmi penolakan gugatan pihaknya itu dari Bawaslu Bone Bolango.

“Saya juga baru dengar ini. Belum liat keputusannya seperti apa. Belum diberikan ke kita putusannnya,” ucap Spandi.

Ia mempertanyakan maksud dari teregistrasi tersebut. Apakah registasi perkara yang dimaksud adalah tidak melanjutkan gugatan atau tidak meregistrasi gugatan pihaknya.

“Kalau meregistrasi, kami sudah meregistrasi atau mendaftar gugatan itu. Dan diterima oleh Panwas, bahkan perbaikan kami diterima. Kita tidak tau regitrasi ini, registrasi yang bagaimana. Tapi, kalau memang begitu hasilnya, kami akan melakukan upaya hukum lebih lanjut,” tegas Spandi.

BACA  Terkait Gugatan Masa Jabatan, Kuasa Hukum Hamim Pou Optimis Menang

Sebelumnya, kuasa hukum paket RUMAH melayangkan gugatan yang ditujukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango terkait penetapan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Bone Bolango, Hamim Pou dan Merlan Uloli (HPMU).(rwf/hg)


Komentar