Rabu, 25 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Taat 3M Membuat Angka Penderita Covid-19 Bertambah

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Kabar Nusantara , pada Rabu, 18 November 2020 | 20:05 WITA Tag: , , ,
  Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Data Covid-19 Dewi Nur Aisyah


Hargo.co.id, JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan 3M. Sebab, apabila protokol 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan dan menjaga jarak tidak dilakukan, maka angka Covid-19 akan bertambah.

“Ini yang harus dipahami bersama bahwa kepatuhan untuk melaksanakan 3M sangat menentukan apakah kasus aktif akan terus turun sepanjang waktu, atau jangan-jangan bisa naik kembali karena terjadi penambahan kasus yang cukup signifikan,” kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah dalam dalam talkshow bertema Covid-19 Dalam Angka: Kondisi Situasi Nasional per 17 November 2020 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (18/11/2020) seperti yang dilansir di jpnn.com.

BACA  UNG Bentuk Desa Tangguh Covid-19

Aisyah mengatakan, tren persentase kasus aktif nasional ini cenderung turun. Namun, apabila masyarakat tidak taat maka akan menambah kasus signifikan yang mengakibatkan jumlah orang yang sedang sakit jadi banyak dan akhirnya angka kesembuhan tertahan.

BACA  Pemprov Gorontalo Salurkan 1.000 Paket Bantuan Pangan Lokal

Kami lihat di ujung grafik, sempat turun di angka 12,12 persen, tetapi ternyata karena ada penambahan kasus yang cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir, proporsi kasus aktifnya naik lagi sehingga terakhir di angka 12,74 persen,” ungkap dia.

Aisyah juga menilai grafik perkembangan kasus aktif nasional secara mingguan menunjukkan angka peningkatan.

Berdasarkan rata-rata nasional, terjadi penurunan 2,50 persen setiap minggunya. Namun, ada beberapa titik yang sempat mengalami kenaikan.

BACA  Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Satgas Minta Agar Tak Kendur

Kenaikan itu terjadi pada pekan keempat Maret, serta pekan pertama dan kedua September.

“Artinya terjadi penambahan kasus cukup signifikan mengakibatkan bukan persentase kasus aktifnya turun, tetapi naik,” katanya.

Aisyah juga mengungkapkan terjadi kenaikan kasus pada pekan kedua November ini sebesar 0,31 persen.

Menurut dia, anomali ini harus menjadi perhatian bersama. (tan/jpnn)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar