Senin, 23 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Tunggu SK Pemberhentian Wabup, DPRD Usul Bupati Definitif 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 7 April 2022 | 22:05 Tag: , , ,
  Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy SM. Datau

Hargo.co.id, GORONTALO – Sesuai hasil rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rabu (06/04/2022) dilaksanakan rapat paripurna internal tentang pengusulan pengangkatan bupati. Bahkan DPRD tak tunggu lagi SK pemberhentian wakil bupati (Wabup) dan langsung mengusulkan bupati definitif. 

“Karena dari hasil konsultasi yang dilakukan, untuk pengangkatan bupati dapat dilakukan bersamaan,” ungkap Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy S.M Datau.

Terkait dengan hasil rapat paripurna internal tersebut,  kata Deisy S.M Datau, akan segera disampaikan kepada pihak eksekutif untuk diproses sesuai dengan mekanisme yang berlaku. 

“Untuk hasil rapat paripurna internal yang telah kami laksanakan, tentu akan kami proses lebih lanjut, hanya saja itu akan dilengkapi administrasinya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Deisy S.M Datau mengatakan bahwa untuk prosesnya itu sudah bukan ranah DPRD lagi, karena ranahnya sudah di eksekutif melalui bagian-bagian yang terkait sesuai dengan mekanisme dan tata beracara. 

“Kami tentu akan mengawal proses ini sampai ke pusat, agar nantinya untuk proses definitifnya bupati Gorut dapat segera terlaksana,” tegasnya.

Ada alasan tersendiri bagi DPRD untuk mempercepat proses definitif bupati Gorut tersebut, menurut Deisy, kedepan ada hal-hal yang krusial yang tentunya memerlukan bupati definitif. 

“Ketika ada bupati definitif tentu semua dapat berjalan dengan lancar, termasuk kewenangannya, dan setelah ada bupati definitif, tentu masih menunggu lagi proses pengisian wakil bupati,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 120 times, 1 visits today)

Komentar