Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tampilkan Budaya Lokal, Darem Puji Festival Karawo

Oleh Fajriansyach , dalam Kab. Boalemo , pada Senin, 22 Oktober 2018 | 12:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO –Bupati Boalemo, H. Darwis Moridu mengaku begitu bangga akan nilai-nilai budaya, ada dan kearifan lokal dimiliki masyarakat yang turun temurun. Pria yang kerap disapa Darem ini, menyampaikan di saat memimpin karnaval Festival Karawo dengan adat dan budaya masyarakat Bali, Sabtu (20/10).

Kali ini untuk Karnaval Boalemo memilih mengusung adat etnis Bali. Karnawal tersebut dipadukan fashion Karawo atas inovasi dan gagasan pemerintah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Tak heran, tim karnaval budaya Bali ini memantik perhatian banyak kalangan.

Ini pun oleh Pemkab Boalemo terus mendorong pelestarian budaya dan adat dimiliki daerah. Tidak hanya diajang provinsi namun juga pada iven tertentu tingkat nasional. Di tingkat daerah khususnya,
pemerintah menggalakkan hajatan festival pesona Boalemo setiap tahunnya.

Tujuannya mempromosikan kearifan lokal, adat dan budaya dimiliki 9 etnis yang ada di daerah. Diantaranya etnis Gorontalo, Jawa Tondano, Minahasa, Jawa, Bali, NTB, Bajo dan Arab.

H Darem memimpin langsung tim karnaval Karawo Gorontalo, kemarin menyampaikan dukungan moril bagi pemerintah provinsi. Serta memberikan apresiasi penuh penyelenggaraan festival yang menjadi bagian terpenting mempromosikan hasil karya nyata kerajinan karawo masyarakat Gorontalo.

“Karawo merupakan kerajinan masyarakat Gorontalo turun temurun. Bahkan dikenal seabgai ikon daerah. Untuk itu, festival ini patut ditingkatkan sampai ke daerah dan targetnya bisa mendunia. Ke depan ini, Boalemo akan menggelar hajatan sama, Festival Pesona Boalemo
dengan ikut mempromosikan kerajinan karawo,” beber tokoh dijuluki Panglima Petani ini.(nrt/gp/hg)


Komentar