Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tamu Redaksi: Siswa SMKN 1 Boalemo Belajar Jurnalistik 

Oleh Berita Hargo , dalam Edukasi , pada Senin, 21 Oktober 2019 | 21:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 64 siswa Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 1 Boalemo dari Jurusan Teknik dan Komputer Jaringan (TKJ) berkunjung ke Graha Penda Gorontalo (Gorontalo Post), Jumat (18/10/2019).

Kedatangan puluhan siswa ini disambut langsung Pemimpin Redaksi (Pemred) Jitro Paputungan di ruangan redaksi lantai 4. Pada kesempatan itu, Jitro menyampaikan sejarah singkat harian Gorontalo Post yang hadir di tengah-tengah masyarakat Gorontalo terutama saat mengawal pembentukan Provinsi Gorontalo.

BACA  Survei Alvara, Mayoritas Orang Tua Belum Setuju Sekolah Tatap Muka

Tak hanya itu saja, siswa SMKN 1 Boalemo juga dikenalkan tentang dunia jurnalistik dan kewartawanan. Mulai dari proses peliputan di lapangan, pembuatan berita, percetakan sampai pengantaran koran pada pelanggan setia Gorontalo Post.

Selain itu, siswa juga diajak untuk melihat lebih dekat mesin percetakan yang berada di lantai 1.

Ketua Jurusan TKJ, Fatmawati Nai mengatakan kunjungan industri ini bertujuan agar siswa mengenal bagaimana mengimplementasikan pengetahuan yang ada di dunia industri. “Kami ingin tahu langsung bagaimana Gorontalo Post dalam melakukan distribusi koran, baik itu dari peliputan berita termasuk sistem jaringan disini yang menunjang pekerjaan dari karyawan maupun wartawan, ” ujar Fatmawati.

BACA  SMA Olahraga Taman Cendekia Menyiapkan 11 Minat, Termasuk Minat Balap

Dalam sesi diskusi,  beberapa siswa antusias untuk bertanya, baik dalam pembuatan berita hingga proses pengantaran koran. Bukan itu saja ada pula beberapa siswa yang bertanya tentang keilmuan yang mereka miliki tentang sistem jaringan yang ada di Gorontalo Post.

BACA  Jebolan SMA Olahraga Taman Cendikia Dapat Sertifikat dan Ijazah

Rahmat Efendi Sahay Siswa Kelas XII TKJ ini mengungkapkan rasa terima kasih pada pihak Gorontalo Post.

“Karena kita diberi kesempatan untuk mengetahui banyak hal tentang koran Gorontalo Post, jadi makin pahaman bagaimana proses kerja di industri media cetak,” ungkapnya.(gp/hg)


Komentar