Senin, 6 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tanamkan Nilai Budaya 

Oleh Berita Hargo , dalam Post , pada Kamis, 11 Mei 2017 | 21:48 PM Tag: ,
  

hargo.co.id – ZETIZEN perlu memahami pentingnya nilai-nilai budaya diera saat ini. Dengan moderinisasi yang terus berkembang, menggerus nilai budaya di kalangan Zetizen. Termaksud di dalamnya bahasa daerah kita lho. Mengantisipasi itu, maka Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), Sulawesi Utara kembali menanamkan nilai budaya kepada Zetizen lewat BPNB Goest To School’. Zetizen dari empat sekolah pun terlibat dalam kegiatan yang berpusat di SMAN 3 Gorontalo itu. Mereka diantaranya SMAN 1 Kota Gorontalo, SMAN 3 Gorontalo, SMKN 2 Gorontalo dan SMK Gorontalo.

“Saya berharap kedepannya, penanaman nilai-nilai budaya ini tidak hanya ada di sekolah-sekolah SMA, tapi juga bisa sampai ke tingkat SMP bahkan sekolah dasar. Karena, seperti yang kita ketahui bahwa diusia-usia tersebut merupakan usia yang sangat rentan untuk terpengaruh dari budaya-budaya luar.” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, ketika membuka kegiatan tersebut, Senin (8/5).

Kegiatan yang bertemakan, ‘Penanaman Nilai Budaya dalam Pembentukan Karakter Bangsa’ itu rupanya bukan hanya berlangsung di sekolah di wilayah Kota Gorontalo. Tetapi juga di sekolah di Kabupaten Gorontalo. Zetizen yang terlibat misalnya dari SMAN 1 Limboto, SMAN 2 Limboto, SMKN 1 Limboto, SMAN 1 Telaga dan SMAN 1 Telaga Biru. Dan kegiatan ini pula berpusat di SMAN 1 Limboto yang dihadiri Kasubag TU BPNB Sulawesi Utara Agus Walukow dan Kabid Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Romy A. Isa.

BPNB Goes To School juga diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti diskusi budaya dan idol budaya. Dalam idol budaya tersebut, peserta diwajibkan untuk menyanyikan lagu-lagu bahasa daerah Gorontalo.

Alhasil Zetizen atas nama Moh. Riofani Djafar berhasil menjadi juara 1 Idol Budaya Kota Gorontalo dan Aldi Juliano Puluhulawa berhasil menjadi juara 1 pada Idol Budaya Kabupaten Gorontalo.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan dalam menghadapi tantangan kedepan yakni bagaimana menempatkan komunikasi dan kearifan lokal dalam perkembangan teknologi modern di era.” kata ketua BPNB Sulawesi Utara, Rusli Manorek. (ZT-08/hargo)

KATA MEREKA :

Indrawan Abas
SMAN 1 Gorontalo

 

Mari Kita Jaga Bersama

“Pemahaman saya semakin bertambah dengan hadirnya BPNB, yang memberikan pengetahuan mengenai pengembangan budaya, yang kita ketahui budaya menjadi aset penting negara kita. karena itu sebagai generasi penerus mari kita jaga bersama.” (ZT-07)

Mohammad Ridhoni Djafar
SMAN 3 Gorontalo

 

 

Rasa Ingin Tahu yang Besar

“Kegiatan seperti ini membangkitkan rasa ingin tahu para siswa dalam hal pengetahuan budaya yang kita tak ketahui sekarang menjadi tahu. dan masih banyak kebudayaan yang perlu digali dan dilestarikan.” (ZT-07)

Ukam Tomayahu
SMAN 1 Limboto

 

 

Menghargai Budaya Sendiri

“Banyak memberikan nilai-nilai positif terutama kami anak bangsa agar dapat menghargai budaya indonesia dan tetap mempertahankan budaya kita sendiri dengan cara dengan tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing.” (ZT-07)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar