Minggu, 5 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tanggul Jebol, DPRD Harap Anggaran Perbaikan Masuk Tanggap Darurat

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 15 November 2021 | 12:05 PM Tag: , , ,
  Warga di bantaran sungai sedang memperbaiki tanggul yang jebol akibat banjir belum lama ini. (Foto: istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tanggul sepanjang 50 meter di Kelurahan Hunggaluwa dan Tenilo jebol akibat banjir yang melanda wilayah Limboto belum lama ini. Itu lantas memunculkan harapan agar pemerintah segera mengantisipasi yang mana anggaran perbaikan masuk tanggap darurat. 

Ini diungkapkan Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Asni Menu ketika dihubungi media ini. Maklum, dirinya melihat langsung warga pada Sabtu dan Ahad (13-14/11/2021) dengan swadaya menutup tanggul yang jebol dengan bahan seadanya yakni dengan sejumlah karung yang diisi pasir. 

“Dikerjakan dan didanai secara swadaya untuk pengadaan pasir untuk melakukan penimbunan. Sementara karung lain didapatkan dari pembagian warga. Sementara itu, sebanyak 1.000 karung diberikan dari Balai Sungai,” ungkap Asni Menu. 

Lanjut katanya, untuk Kelurahan Tenilo tanggul yang jebol sepanjang 10 meter, sementara di Kelurahan Hunggaluwa sepanjang 40 meter. Jika tidak ditutupi secepatnya, ditakutkan ketika banjir tiba akan lebih parah lagi.

“Saya berharap pemerintah daerah untuk mengantisipasi hal tersebut, karena tanggul yang jebol ini sudah dari 2019 yang awalnya baru kecil tetapi karena tergerus terus hingga akhirnya seperti saat ini,” jelas Asni Menu. 

Dirinya juga berharap pemerintah daerah bisa memasukkan ini dalam anggaran tanggap darurat ataupun bisa dimasukkan dalam perencanaan APBD 2022. Perbaikan tanggul ini sangat penting, agar tak ada lagi warga yang terkena banjir karena air sungai meluap. 

“Diharapkan ini menjadi perhatian pemerintah daerah untuk diperbaiki dalam waktu dekat dan bisa masuk dalam perencanaan anggaran 2022,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 25 times, 1 visits today)

Komentar