Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tanggul Sungai Taludaa Jebol, Kecamatan Bone Diterjang Banjir

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Gorontalo Headline Kab. Bone Bolango , pada Kamis, 11 Juni 2020 | 11:04 WITA Tag: , , , ,
  Banjir yang melanda warga di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (11/6/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Bencana banjir melanda warga masyarakat yang bermukim di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (11/6/2020) sekitar pukul 05.00 Wita.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa yang terjadi di Kecamatan paling ujung di wilayah pesisir pantai Kabupaten Bone Bolango itu diakibatkan jebolnya tanggul sungai Taludaa di sekitaran Puskesmas Kecamatan Bone yang menyebabkan air sungai meluap naik ke daratan. Ditambah lagi, hujan yang mengguyur Provinsi Gorontalo sejak Rabu (10/6/2020) malam hingga Kamis (11/6/2020) pagi. Ketinggian air diperkirakan 1,5 meter.

BACA  Ribuan Warga Menolak Edukasi Protokol Kesehatan

“Tanggul dekat Puskesmas ada yang jebol,” kata Andri warga Kecamatan Bone, Kamis (11/6/2020).

Kejadian ini sempat membuat warga setempat panik. Saat ini warga yang terdampak bencana ini telah diungsikan ke kantor-kantor pemerintahan di Kecamatan Bone. Ada juga yang mengungsi ke rumah warga yang tidak terdampak.

BACA  Terbukti, Kerumunan Menciptakan Klaster Covid-19

Kepala BPBD Bone Bolango, Gagarin Hunawa ketika dikonfirmasi Hargo.co.id melalui telepon seluler membenarkan kejadian ini.

“Iya benar. Pagi tadi sekitar pukul 08.00 Wita kami menerima laporan bencana banjir melanda Kecamatan Bone. Laporan baru bisa mereka kirim karena jaringan seluler disana sempat terputus,” ucap Gagarin yang tengah dalam perjalanan menuju Kecamatan Bone.

BACA  Amankan Pilkada Serentak, Ini yang Dilakukan Polda Gorontalo

Ia menambahkan, sampai dengan saat ini, banjir sudah merendam tiga desa di Kecamatan Bone. Yakni, desa Taludaa, Desa Masiaga dan Desa Mooduliyo.

“Untuk korban dan kerugian masih akan didata. Nanti saya infokan lagi,” tandas Gagarin.(rwf/hg)


Komentar