Minggu, 13 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tanggulangi Kemiskinan, Data dan Program Perlu Disinkronkan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 30 Mei 2021 | 22:05 WITA Tag: , , ,
  Rakor kemiskinan tingkat Kecamatan Kwandang yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu. (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sinkronisasi data dan program merupakan satu hal yang penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan, termasuk di Gorontalo Utara. Ini ditegaskan Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu saat membuka dan memimpin rapat koordinasi (rakor) kemiskinan di Kecamatan Kwandang. 

“Yang kita bahas antara lain, sinkronisasi data, sinkronisasi program penanggulangan kemiskinan dan strategi mengurangi beban masyarakat,” ungkap Thariq Modanggu. 

Dalam rakor kemiskinan tersebut, Thariq Modanggu mengatakan, yang terpenting adalah pihaknya meminta data-data bantuan yang sudah diberikan kepada masyarakat selama ini, sejak adanya dana desa. 

“Nantinya data-data tersebut akan dianalisis berdasarkan penerima bantuan, terutama dampak bantuan terhadap ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sehingga nanti, kata Thariq Modanggu, ke depan pihaknya akan menghasilkan sebuah sistem data informasi yang akan menampilkan record terhadap pemberian bantuan kepada masyarakat. 

“Hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi bantuan yang berulang-ulang, bantuan yang tumpang tindih dan bantuan yang tidak efektif di dalam pemanfaatan. Kami lakukan untuk memastikan pemerataan dan keadilan bagi masyarakat, baik itu penerimaan program bantuan pemerintah dan lebih-lebih soal pemberdayaan,” kata Thariq Modanggu. 

Ia memaparkan, nantinya akan tergambar dalam data, bukan hanya penerima bantuan dan jenis bantuan yang diterima. Tetapi juga akan menampilkan dampak bantuan bagi masyarakat, berpengaruh atau tidak. 

“Jadi, bukan sekadar memberikan bantuan jamban, tapi sekarang kondisi jamban seperti apa. Begitu juga bantuan katinting misalnya. Kondisi katinting seperti apa sekarang, supaya nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk pemberian program bantuan selanjutnya,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

BACA  Serapan Anggaran Harus Berefek Pada Perekonomian

Komentar