Rabu, 15 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tangkal Penyebaran Berita Hoax, Polres Pohuwato Intens Lakukan Penyuluhan 

Oleh Zulkifli Tampolo , dalam Ragam , pada Jumat, 29 November 2019 | 05:00 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO –  Remaja sangat rentan dengan penyebaran berita hoax. Ya, dari rentetan kasus penyebar berita hoax, pelakunya didominasi oleh anak remaja yang masih berstatus pelajar.

Ini kemudian menjadi perhatian Polres Pohuwato melalui Satuan Binmas. Buktinya, Kamis (28/11/2019) sekitar pukul 08.00 WITA, penyuluhan dan pembinaan tentang penyebaran berita hoax dan kenakalan remaja dilakukan oleh Satuan Binmas  kepada siswa-siswi SMPIT AL IZZAH Buntulia.

BACA  Lahir 1 Juli, 26 Warga Gorontalo Dapat SIM Secara Gratis

Kapolres Pohuwato, AKBP Teddy Rayendra,SIK,MIK melalui Kasat Binmas, Iptu Hanny I Fentje mengatakan, dalam penyuluhan kali ini pihaknya lebih banyak membahas cara-cara untuk menangkal berita hoax.

BACA  Ini Tiga Pesan Kapolri untuk Para Lulusan AKPOL Batalyon Adnyana Yuddhaga  
Aipda Sofyan Otoluwa memberikan penyuluhan kepada para siswa terkait berita atau informasi hoax. (F. Istimewa)

“Sebelum menyebar luaskan sebuah konten berita, ada baiknya adik-adik melakukan verifikasi terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, yakni cek narasumbernya dan lihat media lain. Minimal 3 media, apakah menulis berita yang sama,” ujar Hanny kepada peserta penyuluhan yang didampingi Kanit Aipda Sofyan Otoluwa.

BACA  Ini ‘Ritual’ Wajib Turis Asal Timur Tengah di Puncak Bogor

Tak hanya itu, lanjut Hanny I Fentje, setelah melakukan pengecekan kebenarannya, dampak yang akan ditimbulkan perlu dipertimbangkan juga.

Sementara, kegiatan itu dihadiri oleh anggota Sat Binmas, Kepala sekolah dan 80 siswa-siswi SMPIT AL IZZAH Buntulia.(rwf/hg)


Komentar