Rabu, 7 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tata Cara Pengisian LHKASN Disosialisasikan di Kabupaten Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Rabu, 10 Maret 2021 | 22:05 WITA Tag: , ,
  Sekda kabupaten Gorontalo, Hadijah Tayeb saat membuka kegiatan sosialisasi tata cara pengisian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipi Negara (LHKASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo 2021, Rabu (10/03/21). (Foto: Istimewa/KOMINFO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Inspektorat setempat melaksanakan sosialisasi tata cara pengisian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipi Negara (LHKASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Tahun 2021.

LHKASN sendiri merupakan daftar seluruh harta kekayaan ASN yang dituangkan dalam formulir yang ditetapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Harta kekayaan ASN merupakan ranah pribadi, namun tidak sepenuhya menjadi privat melainkan menjadi sarana pengendalian dalam penyelenggaraan negara dalam rangka menciptakan ASN yang bersih serta bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

BACA  Pemprov Gorontalo Segera Salurkan Bansos Untuk Non DTKS

Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Gorontalo, Hadijah Tayeb mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para ASN dalam melaksanakan pengisian dan pelaporan LHKSN kepada Inspektorat yang merupakan satu kewajiban.

“Pada awalnya itu hanya jajaran eselon dua wajib mengisi, namun telah ditegaskan kembali oleh Mempan bahwa seluruh jajaran ASN baik itu Eselon III, IV, Fungsional dan tenaga kontrak wajib mengisi LHKASN,” ungkap Hadijah U. Tayeb usai membuka kegiatan tersebut, Rabu (10/03/21).

BACA  Pemkab Gorontalo Segera Terapkan Sistem QRIS Saat Bertransaksi

Ditempat yang sama, Kepala Inspektorat Kabupaten Gorontalo, Hen Restu mengungkapkan, Seluruh ASN diwajibkan melaporkan hari kekayaan. Hal itu dilakukan dalam rangka pembangunan integrasi ASN serta upaya pencegahan serta pemberantasan korupsi.

Menyikapi hal tersebut, lanjut Hen Restu, Belum lama ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menetapkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 47 Tahun 2020 tentang LHKASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

“Jumlah wajib lapor LHKASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Sebanyak 5.206 ASN setelah di kurangi 87 ASN wajib LHKPN dengan rincian 5.109 ASN PNS dan ASN PPPK,” terang Hen Restu

BACA  Sebanyak 54 KK di Kabgor Terima Bantuan Mahyani BPSP

Lebih lanjut Hen menyampaikan, Peserta sosialisasi adalah para administrator dari masing masing unit kerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Jumlahnya sebanyak 60 orang.

“Para Admin ini nantinya bertugas memberikan sosialisasi terkait kewajiban LHKASN dan bimbingan teknis mengenai tata cara pengisian LHKASN kepada para ADN wajib lapor di unit kerja masing-masing,” kata Hen Restu.(hiu/adv/hargo)


Komentar