ramadan2024

ramadan2024

Tata Kelola BUMDes Perlu Ditingkatkan

×

Tata Kelola BUMDes Perlu Ditingkatkan

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Rahmat Hasan
Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Rahmat Hasan

Hargo.co.id, GORONTALO – Peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui tata kelola yang baik dan benar diharapkan dapat dilakukan seluruh pemerintah tingkat desa di wilayah Kabupaten Gorontalo. 

hari kesaktian pancasila

Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi I DPRD, Rahmat Hasan, agar tercipta desa mandiri yang bertujuan mengoptimalkan fungsi pemerintahan dalam sektor ekonomi desa secara menyeluruh. 

“Peran BUMDes harus lebih digiatkan lagi untuk meningkatkan ekonomi desa. Karena apa, kehadiran BUMDes diharapkan akan  menjadi pemicu berkembangnya ekonomi di pedesaan,” ujar Rahmat, Ahad (07/03/2021)

Example 300250

Politisi PPP ini menilai, tata kelola BUMDes yang baik tidak hanya mengurangi kesenjangan dan ketertinggalan desa dengan daerah. BUMDes bahkan mampu memberi kontribusi pada pembangunan fasilitas umum desa menjadi lebih baik. 

“Sebab target utama program dana desa (BUMDes) bukan hanya sekedar menggenjot pertumbuhan ekonomi menuju ke arah yang menjanjikan, tetapi juga merubah desa tertinggal termasuk merubah pembangunan,” kata Rahmat. 

Disisi lain, keberadaan BUMDes secara langsung juga membuka lapangan pekerjaan baru. Konsep swakelola yang diwajibkan kepada desa memberikan lapangan pekerjaan baru kepada masyarakat desa yang saat ini masih mendominasi angka kemiskinan di Kabupaten Gorontalo.  

Ramadhan 2024

“Meskipun tidak berpengaruh secara signifikan, namun keberadaan BUMDes mampu mengurangi jumlah warga miskin yang ada desa,” tutur Rahmat. 

Lebih dari itu, aleg fraksi PPP ini mengajak pemerintah desa dan pihak pengelola BUMDes agar lebih transparan mengelola dana desa. Selain bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat  juga menghindari persoalan hukum. 

“Harus terbuka, pengelolaan BUMDes harus transparan, hindari korupsi agar terlepas dari jeratan hukum,” tandasnya. (wie/adv/hargo)



hari kesaktian pancasila