Jumat, 16 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tekan Inflasi, Satgas Pangan Akan Libatkan BI

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 6 Juni 2017 | 12:40 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Stabilitas harga kebutuhan pokok di Gorontalo masih cukup terkendali.

Namun demikian, Satuan tugas (Satgas) Pangan akan terus memantau kondisi harga di lapangan.

Bahkan kedepan, Satgas Pangan bentukan Polda Gorontalo ini akan melibatkan Bank Indonesia (BI) bahkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu diungkapkan langsung Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol Rachmad Fudail usai melakukan video conference dengan Kapolri dan Gubernur BI, kemarin, Senin (5/6).

BACA  UMKM Sulit Dapat Modal, OJK: Itu Hanya Persoalan Komunikasi

Menurut Kapolda, ada beberapa hal yang dibahas diantaranya masalah peredaran uang palsu, kedaulatan uang, pengamanan, pengawalan di kantor perbankan, money changer hingga stabilitas pangan.

Khusus untuk stabilitas pangan, kedepan pihaknya melalui Satgas Pangan akan melibatkan BI untuk bersama-sama memantau perkembangan harga.

“Kedepan, kami akan libatkan BI untuk jaga stabilitas harga dalam rangka menekan inflasi. Karena kemarin memang (BI,red) belum dilibatkan dengan Ditreskrimsus (Ketua Satgas Pangan,red),” ungkap Rachmad.

BACA  Pandemi, Pemilik Kos-kosan di Bone Bolango Berikan Diskon 

Mantan Wakapolda Jambi itu juga mengatakan, hasil pemantauan Satgas Pangan selama ini bahwa situasi harga di Gorontalo masih stabil.

“Setiap hari kita pantau bahan-bahan pokok. Begitu ada gejolak, langsung turun lapangan,” terang dia.

Sementara itu, Deputi Direktur BI perwakilan Gorontalo, Suryono, Satgas Pangan yang berada di semua Polda tugasnya sama dengan TPID, yakni memantau harga.

Jika kedua tim ini dipadukan, maka pelaksanaan tugasnya akan lebih luar biasa lagi. “Kami senang Kapolda memberikan kesempatan TPID berkolaborasi dan bersinergi dengan Satgas Pangan. Jadi nanti akan saling melengkapi,” ujar Suryono.

BACA  Mudik Dilarang, Menparekraf Beberkan 3 Strategi Peluang untuk Pelaku Usaha

Suryono juga berharap agar kedepan, rapat-rapat yang membahas masalah pangan agar dapat melibatkan BI maupun TPID karena program ini sangat baik untuk mengatasi gejolak inflasi di Indonesia.

“Seperti di Banten, BI jadi salah satu anggota Satgas Pangan. Di daerah lain tentunya akan menyusul,” pungkasnya.(axl/hargo)


Komentar