Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tekankan Transparansi Dana Desa 2020, Ini Dilakukan Pemda Boalemo

Oleh Sunarto Nusi , dalam Advertorial Kab. Boalemo , pada Selasa, 18 Februari 2020 | 04:05 WITA Tag: ,
  Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu memberikan arahan pada pelaksanaan coaching clinic penginputan APBDes berbasis Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) kepada bendaraha desa se Kabupaten Boalemo, Senin (17/2/2020). (Foto Istimewa/Humas Boalemo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Usai mengadakan coaching clinik penginputan SAKIP bersama Kemenpan-RB, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boalemo melalui Dinas Sosial-PMD menggelar coaching clinik terkait penginputan APBDes berbasis Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) kepada seluruh perangkat desa se Kabupaten Boalemo.

Kegiatan dibuka langsung Bupati Hi. Darwis Moridu didampingi Kadis Sosial-PMD, Ulkia Kiu SE.MSi bertempat di aula BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo, Senin (17/02/2020). Menariknya, kegiatan ini dihadiri langsung Kepala BPKP Perwakilan Gorontalo, Supriyadi dengan melibatkan para camat, kades dan para bendahara desa.

BACA  Jelang Mubes Lamahu, Gubernur Gorontalo Ingatkan Protokol Kesehatan

Kadis Sosial-PMD Boalemo, Ulkia Kiu dalam laporannya menyampaikan, aplikasi Siskeudes merupakan sebuah aplikasi pengelolaan keuangan desa dikembangkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam upaya meningkatkan kualitas tata kelola desa dan juga sebagai alat bantu bagi unsur pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

BACA  Darwis Moridu Diberhentikan Sementara, Anas Jusuf Diajukan Plt. Bupati Boalemo

“Peluncuran aplikasi Siskeudes ini tujuannya untuk memudahkan desa dalam penyusunan Peraturan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dan tata kelola keuangan secara transparan dan akuntabel,” ungkap Ulkia Kiu.

Sementara itu, Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu dalam arahannya menegaskan, sebagai pemerintah daerah tentunya sangat mensuport dan mengapresiasi penuh adanya perubahan dalam pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) lewat aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES).

Untuk itu, Pemdes bersama perangkatnya dapat mengedepankan seluruh regulasi guna mengatur proses pengelolaan keuangan dari tahap perencanaan sampai dengan evaluasi pencapaian setiap kegiatan diprogramkan selama satu tahun anggaran.

BACA  Komunikasi Lewat Radio Masih Penting

Ini menjadi dasar pemerintah daerah untuk meminta kepada BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo guna memberikan bimbingan terhadap pemerintah desa dalam pengelolaan Dana Desa 2020. Bagi seluruh unsur pemerintah desa diharapkan mengikuti kegiatan dengan baik dan mengimplementasikan di tingkat desa,” kata Darwis Moridu. (nrt/adv/hg)


Komentar