Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Teken MoU, Pemda Kabgor Libatkan UNG dalam Pembangunan

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Kamis, 16 Januari 2020 | 06:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pembangunan, Pemda Kabupaten Gorontalo melibatkan Universitas Negeri Gorontalo (UNG).  Ini nampak pada penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dengan Rektor UNG, Edward Wolok.

Penandatanganan ini guna menjadi mitra di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) terkait pengajaran, pengabdian, dan penelitian. MoU diteken pada Rabu (15/01/2020) di Ruangan Madani. Menurut Nelson Pomalingo, dalam pembangunan suatu daerah, tak hanya dilaksanakan oleh pemerintah daerah saja. Namun, harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk unsur perguruan tinggi.

BACA  Nelson Pomalingo Memotivasi 118 Orang Pendamping PKH

Bagi Nelson Pomalingo, UNG merupakan perguruan tinggi yang menjadi sumber ilmu dan sumber inspirasi. Termasuk dengan memberikan tenaganya untuk membangun daerah ini.

“Sebenarnya, sebelumnya sudah ada MoU dan ini hanya memperbaharui saja. Rektor baru perlu melihat apa saja yang perlu dilakukan untuk Kabupaten Gorontalo,” ujar Nelson Pomalingo.

BACA  Bupati Gorontalo Tegaskan Agar Warga Tak Takut Ikut Sensus

Sementara itu, Edward Wolok menyampaikan agar kedepannya bisa berkontribusi terhadap permasalahan yang ada di pemerintahan Kabupaten Gorontalo dari sisi akademinya. Menjadi mitra pemerintah juga bisa lebih dalam mengeksekusi kebijakan, memiliki sumber dan data serta informasi yang lebih memadai.

BACA  Hibah Lahan Mulai Dibahas, Bandara Djalaludin Bakal Bertaraf Internasional

“Salah satu masalah yakni sejumlah guru di Kabupaten Gorontalo yang belum sarjana. Peningkatan kapasitas guru ini harus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Gorontalo, dan UNG siap memfasilitasi,” kata Edward Wolok.

Selain soal Sumber Daya Manusia (SDM), UNG juga melihat perlu adanya kerja sama dalam hal pertanian, peternakan dan lain sebagainya berdasarkan penelitian dan pengembangan. (vyr/adv/hg)


Komentar