Temui Airlangga, Rusli Habibie Bicarakan KEK Pariwisata  

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, di kantor Kemenko Perekonomian, di Jakarta, Senin (29/10/2019). (Foto Istimewa/Dokuman/KPPG)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kabinet baru Presiden Joko Widodo, Kabinet Indonesia Maju (KIM) diyakini mampu membawa Indonesia makin sejahtera, apalagi orang-orang yang dipilih menduduki jabatan menteri, merupakan para tokoh yang berpengalaman. Optimisme itu termasuk yang disampaikan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Gubernur Rusli Habibie langsung memberikan ucapan selamat kepada para menteri usai dilantik Presiden, baru-baru ini. Rusli mengaku mengenal para menteri pilihan Presiden itu.  Tak heran, Rusli menemui langsung para menteri untuk memberi selamat. Seperti Menteri Koordinator (Meko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Rusli dan Airlangga memang bersahabat, Airlangga merupakan ketua umum DPP Golkar, sementara Rusli adalah ketua DPD I Golkar Gorontalo.

“Saya bertemu dengan Menko Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto. Saya mengucapkan selamat karena beliau mendapat kepercayaan dari Bapak Presiden Jokowi,”kata Rusli Habibie, Selasa (29/10/2019).

Gubernur Gorontalo dua periode ini menilai posisi Airlangga sebagai Menteri Perekonomian sangat strategis bagi Provinsi Gorontalo. Selain menjabat Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga yang berlatar belakang pengusaha mengerti seluk beluk ekonomi di Indonesia.

Pertemuan Rusli bersama Airlangga di Kantor Kemenko Perekonomian, kemarin, tak sekadar silaturahmi biasa. Rusli memanfaatkan pertemuan itu untuk menyampaikan sejumlah program prioritas di Gorontalo yang butuh dukungan pemerintah pusat.

Seperti kelanjutan proyek Gorontalo Outer Ring Road (GORR) yang dikerjakan dengan mekanisme  tahun jamak. Rusli mengatakan, GORR tidak saja mempercepat distribusi barang dan orang, namun juga membuka kawasan ekonomi baru. Di sepanjang GORR terdapat potensi pengembangan perekonomian, termasuk pariwisata yang juga menggerakkan ekonomi masyarakat.

Makanya dihadapan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, ia meminta agar GORR terus mendapat perhatian pemerintah pusat, sebab selama ini anggaran pembangunannya juga bersumber dari APBN. Selain GORR, Rusli menyampaikan rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Pariwisata. KEK Pariwisata sudah diusulkan dan mendapat respon Kementerian Pariwisata. KEK Pariwisata juga diyakini Gubernur Rusli Habibie dapat mendorong perekonomian masyarakat.

“Saya juga menyampaikan rencana pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. Juga berharap ada investor yang mengembangkan pariwisata dan budaya di Gorontalo,” imbuhnya.

Soal potensi pariwisata di Gorontalo, kata Rusli tak perlu diragukan, daerah ini memiliki banyak potensi wisata namun belum tergarap maksimal. Gerilya Rusli di Jakarta, tak sampai di ruangan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Kemarin, suami anggota DPR RI, Idah Syahidah ini, juga menyambagi Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Rusli punya hubungan baik dengan Menteri Sosial periode sebelumnya itu. Rusli juga membicarakan pengembangan industri untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. (adv/hg)

-