Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tenaga Kesehatan di Gorontalo Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap III

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Advertorial Gorontalo , pada Kamis, 5 Agustus 2021 | 00:05 AM Tag: , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberi semangat kepada seorang dokter yang sedang divaksin Covid-19 tahap III di RS Ainun Habibie, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Rabu (04/08/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) mulai menjalani Vaksinasi Covid-19 tahap III perdana pada Rabu, (04/08/2021).

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau vaksinasi tersebut. Ia memotivasi Nakes untuk bersemangat mengikuti vaksinasi supaya makin terlindungi dari potensi tertular Covid-19.

“Kalian ini ujung tombak saya. Kita lihat tiap hari Nakes, Dokter terpapar. Saya salut dengan kinerja kalian memerangi Covid-19. Kalian berhadapan dengan musuh yang tidak kelihatan. Vaksin Covid-19 tahap III diprioritaskan untuk para Nakes. Harapannya imunnya naik dan bisa bertugas sebaik-baiknya,”ucap Rusli.

Vaksin tahap III menggunakan vaksin Moderna pabrikan Amerika Serikat. Vaksin ini diklaim memiliki efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin melawan virus sebesar 94,1 persen untuk orang berusia 18-65 tahun.

“Kalian tidak usah khawatir karena ini sudah diuji coba. Tidak usah khawatir dengan reaksi dari vaksin, justru menurut dokter, reaksi dalam tubuh bagus. Itu artinya vaksin bekerja. Kalian harus berani ya,” pesan Rusli Habibie.

Vaksinasi tahap III yang perdana ini dilangsungkan bagi 40 dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Secara bertahap vaksin akan didistribusikan ke kabupaten/kota untuk menjangkau tenaga kesehatan sampai ke tingkat puskesmas.

Data Dinas Kesehatan menyebut ada 8.569 jiwa SDM kesehatan di Provinsi Gorontalo. Sebanyak 10.274 jiwa atau 119,9 persen telah divaksin tahap I dan 9.444 jiwa atau sebesar 110,21 persen telah divaksin tahap II. Khusus di RS Ainun sebagai rumah sakit provinsi, dari 567 orang telah selesai divaksin hingga tahap II sebesar 86,4 persen atau 490 orang.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo
(Visited 27 times, 1 visits today)

Komentar