Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tentang Cawabup Kabgor, Ini Kriteria Nelson

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 31 Juli 2018 | 11:00 Tag: , , ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Enam kandidat Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati Gorontalo kini di tangan Bupati Nelson Pomalingo. Namun siapa yang bakal dipilih serta diusulkan ke DPP PPP dan selanjutnya ke Dekab Gorontalo? Nelson masih menutup rapat-rapat. Orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) itu memastikan bila keenam kandidat memiliki peluang yang sama.

Menurut Nelson Pomalingo, dari daftar nama yang diserahkan memang terdiri atas birokrasi dan juga politisi, tetapi dirinya tak pernah membedakan antara keduanya.

“Semuanya bisa saja menjadi cawabup asalkan memenuhi tiga kriteria,” kata Nelson Pomalingo. Mantan Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) itu lantas menjelaskan tiga kriteria yang dimaksud. Pertama, memiliki chemistry. Kedua, semangat membangun daerah. Ketiga, kolaborasi semua pihak, baik pusat, DPRD maupun masyarakat.

“Saya tak pernah mengatakan, birokrat atau politisi tetap bagi saya sudah sesuai mekanisme dan memenuhi kriteria,” ungkapnya. Lalu kapan waktu untuk proses pengisian cawabup? Nelson mengatakan, semua masih dalam proses, dimana meskipun dengan pengajuan enam nama yang sudah disepakati partai pengusung.

“Saya tentunya akan mendalami keenam calon ini sembari menunggu proses dan tahapan yang ada,” ujar Nelson Pomalingo.

Deklator Provinsi Gorontalo itu menjelaskan, enam nama yang diusulkan masih akan dilakukan verifikasi di tingkat DPW sampai pada pusat. Hasil rekomendasi dan putusan DPP inilah yang akan ditindaklanjuti setelah itu baru kita serahkan ke DPR.

“Jadi belum bisa diprediksi, bisa saja cepat selesai atau juga sebaliknya pastinya kita akan lakukan sesuai mekanisme yang ada,” tandasnya.

Terpisah Ketua DPC PPP Syam T Ase ketika menjelaskan, hasil kesepakatan bersama antara partai pengusung yang harus masuk dan diusulkan menjadi cawabup adalah kader partai demokrat atau PPP atau bukan kader tetapi dari golongan professional.

“Sehingganya yang diajukan pun hanyalah kader partai kedua pengusung dan juga dari kalangan professional,” ujar Syam saat dikonfirmasi banyaknya nama-nama yang sebelumnya dilakukan penjaringan oleh PPP namun tak terakomodir.(wie/gp/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar