Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tentang Perempuan Mandiri, Ini Pesan Wanita Penjual Es Kelapa Muda

Oleh Berita Hargo , dalam Ragam , pada Kamis, 22 April 2021 | 12:05 WITA Tag:
  Feby saat menjual es kelapa muda untuk mencukupi ekonomi keluarga (Foto: Istimewa/Elmawati Jaya untuk Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Perempuan memiliki kekuatan dalam dirinya. Tentunya semangat, kecerdasan dan kelembutan adalah sesuatu yang tidak lepas dari kepribadian seorang ibu. 

Sosok Kartini yang memiliki pribadi yang luar biasa, pekerja keras, istri, ibu, dan pemimpin sebagai inspirasi bagi setiap perempuan yang ada di Indonesia. 

Hal ini menjadi pengingat bagi Feby seorang perempuan (29 tahun) yang membagi waktunya selain menjadi seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya. Feby mulai mengisi waktu kosongnya sebagai penjual Es Kelapa Muda. Keletihan rasanya tidak lagi ia rasakan karena ditemani oleh anaknya berjualan. Canda tawa anaknya saat berjualan adalah penawar letih. 

Feby memiliki 2 orang anak. Ia mulai bekerja sebagai Penjual Es Kelapa Muda sejak 01 Januari 2021 di Tilongkabila, Bone Bolango. Ia mengaku, hal ini dilakukan agar dapat membantu suaminya dalam mengais rezeki. Suaminya juga memberikan dukungan, meskipun begitu suaminya berharap agar Feby memperhatikan kesehatannya. 

“Saya mulai bekerja menjadi Penjual Es Kelapa Muda sekaligus membantu Kakek saya. Saya sangat bersyukur tentunya, meski hanya berjualan es kelapa muda, saya dapat mencukupi kebutuhan keluarga sedikit demi sedikit,” tutur Feby. 

Feby juga menambahkan, ia digaji oleh kakeknya Rp 75.000/hari selama Ramadan. Namun sebelumnya ia digaji Rp 50.000/harinya. Menjadi penjual Es Kelapa Muda memiliki keberkahan sendiri untuknya. 

Menurut Feby, bahwa menjadi perempuan tidak hanya menjadi seorang istri yang harus diam di rumah. Namun, bisa bekerja membantu mencukupi ekonomi keluarga. 

“Untuk kartini-kartini atau para perempuan yang ada di Indonesia, jadilah perempuan yang mandiri, bekerja dan membantu ekonomi keluarga. Dengan begitu, kita dapat memiliki penghasilan sendiri yang tentunya bisa membantu ekonomi keluarga dan suami dalam mencari nafkah,” tutup Feby. (elma/ung/hargo)

BACA  Simak Fasilitas yang Tersedia di Masjid Al-Gazali Kota Gorontalo 

Komentar