Kamis, 14 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terapkan GERMAS, Solusi Hidup di Masa Pandemi Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 3 Desember 2020 | 17:05 WITA Tag: , , ,
  Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Masa pandemi Covid-19 saat ini, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan pola hidup yang harus diterapkan secara sistematis dan terencana. Serta dilakukan dengan penuh kesadaran dan kemauan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup di bidang kesehatan.

Ini diungkapkan Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, yang mana menurutnya, pemerintah daerah selaku penyelenggara program Germas, wajib melakukan pemantauan, evaluasi untuk memastikan penerapan gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat ini, benar-benar diterapkan dalam masyarakat. Mulai dari keluarga yang merupakan bagian terkecil dari masyarakat

“Hari ini akan mulai dilakukan evaluasi Program Gerakan Masyarakat hidup sehat atau Germas, Lintas sektor sudah diundang, pimpinan OPD sudah di undang termasuk para camat, untuk mengetahui seberapa jauh penerapan Gernas ini di masyarakat,” Kata Ridwan usai membuka kegiatan evaluasi Gernas Lintas Sektor tingkat kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (3/12/2020.

BACA  Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Satpol PP Akan Bertindak

Evaluasi tersebut, lanjut kata Ridwan Yasin, bertujuan untuk memastikan pelaksanaan Germas berjalan sesuai dengan program yang telah direncanakan. Melalui evaluasi, kata dia, dapat diidentifikasi permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam menerapkan Germas.

Dijelaskan, setidaknya terdapat 7 langkah penting yang dapat menjadi panduan dan harus dibiasakan di masyarakat dalam rangka menjalankan dalam menerapkan pola hidup sehat

BACA  Jadi yang Pertama, Lima Kepala Daerah di Gorontalo Siap Divaksin Covid-19

“Ada tujuh pilar yang harus dilaksanakan dan ditunaikan dalam rangka menerapkan pola hidup sehat ini, tidak saja oleh masyarakat, tapi juga termasuk aparatur sipil negara sebagai pelopor penyelenggara pemerintahan,” katanya.

Tujuh langkah tersebut yaitu dengan melakukan aktivitas fisik paling kurang 30 menit dalam sehari, membudayakan mengkonsumsi buah dan sayur, dan tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol yang memiliki efek buruk baik untuk diri sendiri maupun orang lain

Selain itu, kata Ridwan, masyarakat juga diharapkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin Secara berkala Langkah ini dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini.

BACA  Ingin Berlibur ke Pulau Bali, Wajib Jalani Tes RT-PCR

Masyarakat juga wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan, Termasuk dan harus menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran. Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan

“Ini harus benar-benar diterapkan tidak saja bagi masyarakat, Karena kalau masyarakat sehat, tentu ini erat kaitannya dengan keberhasilan pemerintah dalam menjalankan program,” katanya.

Hasil evaluasi tersebut, kata dia, akan menjadi bagian dari Laporan sejauhmana penerapan Germas di Kabupaten Gorontalo Utara untuk kemudian dijadikan sebagai bahan perbaikan dalam penerapan germas tersebut. (kro/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar