Selasa, 18 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terapkan Transaksi Non Tunai, Gorontalo Utara Dukung BI

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:05 PM Tag: , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin (kedua dari kiri) bersama menerima pihak BI guna membicarakan rencana transaksi non tunai. (Foto: Istimewa).

Hargo.co.id, GORONTALO – Rencana Bank Indonesia (BI) menerapkan seluruh transaksi non tunai, mendapat dukungan dari pemerintah Gorontalo Utara (Gorut). Ini disampaikan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin kepada para awak media usai menerima kunjungan kerja dari pihak BI, Rabu (13/10/2021).

 “Pada dasarnya kami mendukung rencana pihak BI untuk memastikan transaksi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam bentuk non tunai,” ungkap Indra Yasin.  

Pertemuan dengan pihak BI merupakan guna mempersiapkan launching Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Menurut Indra Yasin, kedepan bentuk transaksi yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah sudah dalam bentuk digital dan ini tentu akan lebih mudah dan dari sisi administrasinya akan teregistrasi dengan baik. 

“Nantinya kita akan launching semacam aplikasi khususnya kepada masyarakat melalui sistem yang berbasis digitalisasi yang biasanya transaksi dilakukan secara tunai, setelah ada aplikasi tersebut semua aplikasi dilakukan secara non tunai,” tegasnya.

Memang ada baiknya juga ketika transaksi dilakukan secara non tunai, kata Indra Yasin. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini yang aktivitas masyarakat serba dibatasi. Ketika pembayaran secara tunai tentu akan bersentuhan dalam hal pembayaran secara tunai. 

“Aplikasi ini saya pikir sangat tepat dengan kondisi saat ini dan yang akan datang, sehingga dalam proses transaksi tidak harus keluar rumah apalagi harus ke kantor,” kata Indra Yasin.

Pemerintah daerah juga tentu perlu untuk menyesuaikan diri apalagi diera percepatan teknologi yang cukup tinggi, tentunya sebuah negara dituntut untuk dapat menyesuaikan diri. 

“Tentu saja dengan aplikasi digitalisasi tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam menjalankan tugasnya apalagi terhadap pelayanan kepada masyarakat akan lebih ringan,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar