Kamis, 14 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terbukti Ikut Berpolitik, ASN Bone Bolango Terancam Sanksi Tegas

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Bone Bolango , pada Rabu, 23 Desember 2020 | 11:05 WITA Tag:
  Bupati Bone Bolango, Hamim Pou. (foto istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Bone Bolango Hamim Pou akan memberi sanksi tegas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Bone Bolango yang terlibat politik praktis saat Pilkada serentak tahun 2020.

Sanksi yang diberikan mulai dari teguran lisan, teguran tertulis, penundaan kenaikan pangkat bahkan hingga pemecatan.

BACA  Jaga Jarak, Hamim Pou Paparkan Kinerja di Ruang Terbuka

“Sampai hari ini, sudah banyak laporan yang masuk ke saya terkait PNS yang tidak netral saat pelaksanaan Pilkada kemarin. Semua laporan dilampirkan dengan bukti. Mereka akan kami sanksi tegas sesuai ketentuan perundang-undangan. Sanksinya bisa sampai ke pemecatan,” tegas Hamim.

BACA  Polsek Suwawa Amankan Miras Jenis Cap Tikus

Selain ASN, kata Hamim, ada juga laporan aparat Desa yang tidak netral. “Aparat Desa juga. Ada yang melaporkan ke saya. Sama kayak ASN, laporannya dilampirkan dengan bukti yang kuat. Ini juga akan kami tindaklanjuti,” ucap Hamim.

Ada sejumlah aturan larangan ASN berpolitik yakni Undang-undang nomor 5 tahun 2014, tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil (PNS). Undang-undang nomor 10 tahun 2016. Selanjutnya ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 dan PP nomor 53 tahun 2010.(hg)

BACA  Pleno KPU Bone Bolango, RUMAH Tolak Teken Berita Acara

Komentar