Saturday, 18 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terdapat Dua Versi Data ODGJ di Gorontalo UtaraÂ

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sunday, 23 May 2021 | 12:05 PM Tags:
  Ilustrasi. Jumlah ODGJ di Gorontalo Utara cukup tinggi. (Foto: Istimewa/Google)

Hargo.co.id, GORONTALO – Akhir pekan lalu, Dinas Kesehatan Gorontalo Utara memunculkan data jika di daerah tersebut banyak terdapat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai ratusan dan Kecamatan Kwandang sebagai ibukota menjadi penyumbang terbanyak. 

Hanya saja, data lain muncul yang jumlahnya justru lebih sedikit. Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune memberikan laporan bahwa jumlah ODGJ saat ini sebanyak 165 orang. Parahnya lagi, sebanyak 56 orang berdomisili di Kwandang. 

Hal yang sama dimunculkan Kepada Dinas Sosial Gorontalo Utara, Marzuki Polumoduyo, yang mana menurutnya ODGJ hanya berada di bawah angka 100. Marzuki Polumoduyo mengungkapkan bahwa pihaknya juga punya data tentang ODGJ yang hanya berjumlah 97 orang. 

Melihat kenyataan itu, Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin lantas meminta agar data itu disatukan. Indra Yasin agar 2 data yang berbeda jumlah tersebut harus didiskusikan kembali antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Sosial. 

“Saya minta data yang ada ini untuk disatukan. Sehingga dua data yang berbeda tersebut dapat disatukan. Sumber datanya tidak berbeda yang dapat membuat bingung mana sebenarnya yang benar,” tegas Indra Yasin.

Bupati juga mengingatkan kepada dinas terkait untuk dapat mengklasifikasi kembali data-data yang ada terhadap ODGJ tersebut. 

“Sehingga ada pengklasifikasian terhadap penderita yang ringan, sedang dan berat,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar