Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terduga Pembunuh Jong-nam Buka Borok Malaysia, Katanya…

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Senin, 6 Maret 2017 | 10:04 AM Tag: ,
  

Hargo.co.id – Salah seorang terduga  yang ditahan kemudian dilepaskan Malaysia seiring pembunuhan Kim Jong-nam, membuka borok Malaysia di Beijing, Tiongkok. Ri Jong Chol yang dibebaskan pada Jumat (3/3), mengatakan kalau dia hanya korban konspirasi otoritas Malaysia.

Jong Chol menyebutkan dengan berapi-api, kalau penahanannya adalah plot demi kehormatan Malaysia. Dikutip kantor berita Reuters, Jong Chol mengatakan itu di luar kantor kedutaan besar di Beijing setelah dideportasi dari Malaysia. Dia dibebaskan karena tidak ada bukti kuat atas keterlibatannya.

Berbicara pagi ini (4/3), Jong Chol mengatakan kalau penyelidik Malaysia memaksanya untuk mengaku sesuatu yang tidak dia lakukan. ”Jika saya menerima semuanya, mereka berjanji untuk memberikan hidup nyaman di Malaysia,” katanya. ”Saat itu lah saya sadar ini semua jebakan. Ini adalah jebakan untuk merusak reputasi negara saya,” sambungnya.

Ketika ditanyakan mengenai mobil yang ditemukan di bandara dan tercatat atas namanya, dia menyebutkan kalau mobil itu sebenarnya berada di garasinya. Dan, polisi pun menerima keterangan tersebut.

Dia mengaku kalau memang ahli dalam kimia namun dia bekerja di Malaysia untuk mengimpor bahan baku pembuatan sabun. Jong Chol yang mengaku tidak berada di bandara saat kejadian adalah satu-satunya orang berkebangsaan Korea Utara yang ditahan seiring pembunuhan Jong-nam.

Saat ini, sudah dua tersangka yang dijatuhi tuntutan pasal pembunuhan. Doan Thi Huong dari Vietnam dan Siti Aisyah dari Indonesia. Mereka dituduh membunuh Jong-nam setelah mengusapkan zat kimia ke wajah Jong-nam. Akibatnya Jong-nam tewas seketika. (Reuters/BBC/tia)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar